PLN percepat normalkan pasokan listrik pascabanjir Papua

id pln papua,sutt papua,banjir jayapura,PLTA Orya,pasokan listrik

PLN percepat normalkan pasokan listrik  pascabanjir Papua

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan yang rusak atau putus pascabanjir di Kabupaten Jayapura (Dokumentasi PLN Papua)

Jayapura (ANTARA) - PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) mempercepat perbaikan tiga tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)  70 kV di Orya yang rusak pascabanjir bandang  di Kabupaten Jayapura, Papua agar pasokan listrik bisa kembali normal.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka, di Jayapura, Selasa, mengatakan kondisi sejumlah gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain enam gardu padam karena terendam, perbaikan tiga tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak atau putus di sejumlah titik.

"PLN terus memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pekan lalu, di mana kini telah berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99 persen dan 100 persen penyulang telah pulih," katanya.

Menurut I Made, cuaca yang kurang bersahabat selama seminggu lalu menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga, di mana banjir susulan dan tanah longsor berdampak pada terganggunya sejumlah jaringan.

"Kini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja di lapangan khususnya lokasi-lokasi bencana banjir, namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar," ujarnya.

Dia menjelaskan kini PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak atau putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Kompleks Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telaga Maya, Jalan Sosial, Lintas Utara dan Kemiri.

"Tiga tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan di mana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun sudah dilakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. dan hingga kini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih," katanya lagi.

Dia menambahkan PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan dengan mengedepankan faktor keamanan, bila cuaca bersahabat, diharapkan dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala. 

Baca juga: Petakan penyebab banjir Sentani, PVMBG terjunkan tim lapangan
Baca juga: 74 korban banjir Sentani yang teridentifikasi kembali diumumkan


 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar