Danau Limboto masuk daftar prioritas nasional

id Danau Limboto Masuk Daftar Prioritas Nasional

Danau Limboto masuk daftar prioritas nasional

SELAMATKAN DANAU LIMBOTO DARI ECENG GONDOK Nelayan berusaha menembus eceng gondok yang menutupi permukaan Danau Limboto di Desa Hutadaa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Kementerian Agraria dan Tata Ruang menyetujui substansi rencana tata ruang tentang Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Danau Limboto dalam rangka menyelamatkan dan melestarikan Danau Limboto. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Kondisi yang  kritis menjadikan Danau Limboto termasuk salah satu dari 15 danau di Indonesia yang menjadi prioritas nasional dalam penanganan terpadu oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa, mengatakan penyelamatan Danau Limboto harus benar-benar ditangani secara serius oleh semua pihak.

"Selain berfungsi sebagai penyimpan cadangan air di musim kemarau, Danau Limboto juga berfungsi sebagai sumber mata pencaharian warga sekitar," ujarnya.

Ia menjelaskan jika banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam upaya penyelamatan danau Limboto.

Baca juga: Danau Limboto di Gorontalo masuk program untuk direhabilitasi

"Salah satunya menggandeng berbagai pihak untuk membersihkan Danau Limboto dari eceng gondok," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kabupaten Gorontalo Cokro Katili menuturkan, Danau Limboto merupakan 15 danau prioritas nasional dalam penanganan terpadu baik oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

"Dalam rangka itu, Bupati Nelson bersama 14 Gubernur dan Bupati yang mewakili danau prioritas di indonesia menyatakan empat kesepakatan penyelamatan danau prioritas nasional," ungkapnya.

Baca juga: Pemprov-DPRD Gorontalo bentuk perda selamatkan Danau Limboto

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar