Balikpapan (ANTARA) - Calon Presiden Joko Widodo berjanji akan menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur pada 2019.

"Jalan Tol Samarinda-Balikpapan memang belum selesai, saya ikuti itu. Jadi jalan tol itu tinggal 20 persen dan akan kamiselesaikan akhir tahun ini," kata Jokowi pada kampanye terbuka di gedung Dome Sport Center, Balikpapan, Kamis.

Dengan selesainya jalan tol ini, kata Jokowi, perjalanan Balikpapan-Samarinda yang biasanya ditempuh dalam waktu 3 jam, bisa dipersingkat menjadi satu jam.

Mantan Wali Kota Solo ini juga berjanji setelah pembangunan tol ini selesai 100 persen akan diteruskan sampai ke Bontang.

Selain jalan tol, dia juga berjanji akan membangun kilang minyak di Balikpapan dan Bontang untuk memperbesar cadangan minyak nasional.

Jokowi mengatakan pembangunan kilang minyak tidak hanya menyiapkan cadangan strategis minyak nasional. Pembangunan kilang tersebut sekaligus akan mengatasi minimnya lapangan pekerjaan di daerah itu.

"Saya ingin menyampaikan bahwa ini adalah dalam menyiapkan cadangan strategis minyak sekaligus membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Balikpapan merupakan rangkaian akhir kampanye terbuka Jokowi di Pulau Kalimantan. Jokowi mengawali kampanye di Pulau Kalimantan dari Pontianak, Kalimantan Barat, pada Rabu (27/3) pagi dan sorenya berlanjut di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Usai dari Balikpapan, Jokowi melanjutkan kampanye terbuka di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis sore ini.

Dalam kampanye terbuka, Jokowi didampingi beberapa tokoh di antaranya Ketua Tim Kampamye Nasional (TKN) Erick Thohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko dan Abdul Kadir Karding, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Yenny Wahid dan tokoh-tokoh politik Kalimantan Timur.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019