Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia  mengirimkan Tim UI Peduli tanggap bencana Banjir Bandang di Sentani, Jayapura, Papua dengan total relawan berjumlah 19 orang yang terbagai dalam empat tim, dengan pusat kegiatan di Markas Komando Resort Militer (Makorem) Sentani.

"UI Peduli adalah bentuk pengabdian UI kepada masyarakat, sehingga diharapkan institusi pendidikan tidak menjadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat Indonesia," kata Rektor UI Prof. Muhammad Anis di kampus UI Depok, Kamis.

Seperti diketahui banjir bandang yang terjadi di Sentani telah menewaskan sedikitnya 105 orang, ratusan warga korban luka-luka, serta puluhan ribu warga yang selamat kini berada di pengungsian. Bencana banjir susulan berpotensi terjadi dikarenakan intensitas hujan tinggi di puncak Gunung Cyclop.

Dalam tim UI Peduli tanggap bencana ini, Tim 1 bertugas untuk melakukan pelayanan kesehatan berkoodinarsi dengan pemerintahan daerah setempat. Tim kedua, betugas untuk melakukan survei sumber air dan pemetaan wilayah, tim ketiga bertugas melakukan kegiatan psikososial atau trauma healing. Lebih lanjut, Tim keempat bertugas mendistribusikan bahan logistik ke posko pengungsian.

Kepala Humas dan KIP UI Dr. Rifelly Dewi Astuti mengatakan UI juga memberikan instalasi pompa solar panel di Stadion Barnabas Yowe, Posko Cylops 1. Tim juga melakukan penyebaran bubuk abate untuk pencegahan penyakit Malaria, serta penyuluhan kesehatan di Gereja Injili di Indonesia Jemaat Karunia.

"Di posko ini tim medis melayani 100 orang pengungsi dengan rincian 10 bayi, 6 balita, dan 15 anak," jelasnya.

Berdasarkan data yang diterima tim UI Peduli, bahwa masyarakat Sentani sangat memerlukan bantuan medis, karena belum ada satupun bantuan medis yang turun, sedangkan banyak yang luka-luka.

Selain itu, kebutuhan air bersih juga sangat mendesak, karena ini terkait dengan penyebaran penyakit malaria, diare, dan kutu air. Melihat kebutuhan ini, tim UI Peduli juga melakukan pengeboran pompa air bagi masyarakat.

UI Peduli adalah sebuah gerakan pengabdian masyarakat dari UI yang bertujuan untuk membantu penyelesaian permasalahan masyarakat melalui aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.

Program yang telah berjalan dari tahun 2011 ini telah menurunkan timnya ke berbagai daerah bencana di Indonesia seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun bencana meletusnya gunung berapi di Bali.

Program ini adalah bentuk kontribusi nyata UI dalam merespon permasalahan bangsa serta aplikasi nyata dari nilai tridharma perguruan tinggi.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019