Indonesia-Amerika Serikat peringati 70 tahun hubungan diplomatik

id peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat,70 tahun RI-AS,Wamenlu RI A.M. Fachir,Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan

Indonesia-Amerika Serikat peringati 70 tahun hubungan diplomatik

Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir menyampaikan sambutan pada acara Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Amerika Serikat di Kantin Diplomasi Kemenlu RI di Jakarta, Rabu (10/4/2019). (ANTARA/Yuni Arisandy)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS yang telah dijalin sejak tahun 1949.

"Saya optimistis bahwa hubungan kedua negara akan terus tumbuh dan berkembang ke arah yang konstruktif dan saling menguntungkan," kata Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman M. Fachir di Kantin Diplomasi Kemenlu RI di Jakarta, Rabu.

Menurut Wamenlu RI, peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS tidak hanya untuk dirayakan, namun juga untuk menjadi dasar bagi upaya peningkatan hubungan kedua negara di masa depan.

"Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik ini memberikan kesempatan bagi kita untuk meletakkan lapisan baru pondasi untuk masa depan kita yang lebih cerah," ujar Fachir.

Wamenlu Fachir juga menilai bahwa kedua negara selama ini menjalin hubungan yang bersahabat dan saling menguntungkan.

"Sejak 1949, kita menikmati persahabatan abadi yang tertanam dalam nilai-nilai diplomatik kedua negara. Hubungan kedua negara juga dikuatkan dengan Kemitraan Strategis berdasarkan tanggung jawab bersama untuk menghadapi tantangan global," ucapnya.

Dalam acara tersebut, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan mengatakan bahwa kemitraan antara Indonesia dan AS dibangun di atas pondasi nilai-nilai demokrasi yang sama.

"Kemitraan kita dibangun berlandaskan pada kesamaan nilai-nilai demokrasi dan kepentingan bersama, termasuk pendidikan, berbagi keahlian, serta berinovasi untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah," ujar Dubes Donovan.

Hubungan diplomatik Rl-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Kemitraan Strategis. Kemitraan tersebut merupakan satu tahapan penting bagi Indonesia dan AS untuk secara bersama-sama berbagi tanggung jawab mencari solusi atas tantangan-tantangan global, sembari menguatkan kerja sama strategis antara kedua negara.

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Rl-AS, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing akan dilakukan oleh Perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia.

Kegiatan di Indonesia dan AS akan dilaksanakan di beberapa kota melalui kerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan antar kedua negara, untuk lebih merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan pondasi kerja sama Rl-AS hingga generasi mendatang. 

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar