Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri mengapresiasi partisipasi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan presiden 2019 yang tinggi dan dalam pelaksanaan pesta demokrasi di daerah itu yang berjalan kondusif dan damai.

"Saya menyampaikan pesan Pak Menteri Dalam Negeri, karena partisipasi masyarakat Babel untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi, rata-rata seluruh Indonesia 80 persen," kata Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesbang, Didik Suprayinto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan Kementerian Dalam Negeri juga mengapresiasi seluruh jajaran TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas serta masyarakat yang telah menjaga agar pemilu tahun ini berjalan dengan aman dan damai serta lancar.

"Kita berharap kondisi kondusif ini terus dipertahankan hingga pelantikan presiden terpilih nanti," katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan pemilu yang dilaksanakan di Babel pada umumnya berjalan dengan lancar, tertib, dan terkendali.

"Gubernur bersama Forkopimda Babel, KPU, Bawaslu sudah berusaha maksimal untuk mengawal kegiatan pemilu serentak tahun ini supaya berjalan sesuai rencana pemerintah daerah ini," ujarnya.

Menurut dia angka partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 sangat tinggi yaitu mencapai 70 persen lebih.

"Informasi terakhir pagi ini, angka partisipasi memilih sudah mencapai 70 persen lebih. Ini merupakan angka tertinggi pertama kali yang ada di Babel dari rangkaian pemilu dan pemilukada," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019