Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin menegaskan bahwa partai-partai politik anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) semuanya memiliki kontribusi pada pengawalan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.

"TKN mengintegrasikan semua sumber daya parprol-parpol anggota KIK di seluruh daerah di Indonesia," kata Hasto Kristiyanto kepada pers di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat malam.

Menurut Hasto Kristiyanto, sesuai arahan dari Ketua TKN Erick Thohir dan Ketua Harian TKN Moeldoko, maka seluruh parpol anggota KIK turut berkontribusi mengawal rekapitulasi suara pemilu 2019 oleh KPU.

Pengawalan rekapitulasi suara terebut, menurut dia, misalnya PDI Perjuangan di Pulau Jawa dan Bali, Partai Golkar di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Selatan, PKB di Provinsi Jawa Timur, PBB di Aceh, Partai Nasdem di NTT, serta PPP di bebarapa kabupaten di Jawa Barat.

"Partai Hanura, PKPI, Perindo, PSI, juga memberikan kontribusi akan proses rekapitulasi suara dapat dikawa dengan baik," katanya.

Di sisi lain, kata dia, banyak kelompok relawan yang menyatakan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma"aruf Amin, juga turut berpartisipasi pada pengawalan rekapitulasi suara.

"Kalau kita cermati dan pada pemilu 2014 lalu, ada terobosan kawal pemilu," katanya.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini menambahkan TKN juga membuka ruang bagi publik untuk turut berpartisipasi dalam mengawasi seluruh rekapitulasi suara pemilu.

"Sesuai dengan tema sentral, kita harapkan Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf akan membentuk pemerintahan yang efektif, solid, dan merakyat," katanya.

Baca juga: TKN tidak lakukan hitung cepat internal

Baca juga: JK yakin selisih perolehan suara tidak sampai dua digit

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019