Haul Sultan dilaksanakan untuk memperingati jasa serta pengorbanan para Sultan Siak terdahulu kepada agama bangsa dan negara
Siak, Riau (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Siak, Riau, Fauzi Asni mengemukakan ajang Haul Sultan Siak pada tahun ini tidak hanya sekadar tradisi masyarakat, namun bakal menjadi momentum bagi perwujudan wisata halal dan religi di kabupaten berjuluk Negeri Istana ini.

"Kami mengharapkan momentum ini juga menjadi ajang promosi daerah untuk mendukung pariwisata halal dan religi. Dengan melibatkan partisipasi masyarakat, kami berharap menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah lain," katanya di Siak, Riau, Sabtu.

Haul Sultan Siak dilakukan setiap tahun pada April dan mendatangkan tamu dari sejumlah pelosok Tanah Air, hingga beberapa negara tetangga.

Sejumlah kegiatan meramaikan tradisi tersebut sehingga banyak mengundang daya tarik masyarakat.

Untuk peringatan haul tahun ini, panitia mengundang lima habib dari Pulau Jawa saat puncak peringatan Haul Sultan Siak 2019 di Pentas Siak Bermadah, depan Istana Siak Sri Indrapura, yang akan berlangsung pada Ahad (21/4/2019).

"Insya Allah, puncak Haul Sultan 2019 akan dihadiri Bapak Gubernur Riau dan lima habib dari Jakarta dan Surabaya yakni Habib Ali Idrus Almashur, Habib Mustafa Alhamid, Habib Anis Sahab, Habib Nagib bin Syekh Abu Bakar, dan Habib Umar Shahab," kata Bupati Siak Alfedri.

Bupati memperkirakan acara yang digelar bertepatan pada 1440 Hijriah tersebut akan dihadiri ribuan jamaah.

Lima habib yang dijadwalkan hadir itu direncanakan akan memimpin acara zikir, selawat dan tausiah.

Haul Sultan dilaksanakan untuk memperingati jasa serta pengorbanan para Sultan Siak terdahulu kepada agama bangsa dan negara.

Selain itu, juga sekaligus sebagai wadah silahturahmi masyarakat serumpun yang di masa lalu pernah bernaung di bawah Kesultanan Siak dengan ibu kotanya Siak Sri Indrapura.

"Kepada segenap masyarakat Kabupaten Siak dan Provinsi Riau, serta masyarakat provinsi tetangga yang pernah menjadi bagian dari Kesultanan Siak, kami undang untuk hadir memeriahkan acara tersebut," ajak Alfedri.

Baca juga: Siak tuan rumah Festival Kabupaten Lestari 2019
Baca juga: Siak luncurkan wisata gerhana matahari cincin

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019