Intinya kawan-kawan buruh mengisi kegiatan yang positif ini untuk membangun tali silaturahmi
Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani mengapresiasi peringatan puncak Hari Buruh atau yang dikenal dengan sebutan May Day bakal dikemas acara "Family Gathering".

"Alhamdulilah, beberapa kawan-kawan elemen buruh sudah datang kepada saya untuk menginformasikan kegiatan mereka menyambut May Day. Kami apresiasi dan berterima kasih karena kegiatannya sangat positif," kata Yazid, Senin (29/4).

Dia mengungkapkan, untuk puncak acara di tanggal 1 Mei 2019 itu, ditandai jalan santai yang melibatkan peserta para buruh dan anggota keluarganya di Banjarmasin.

Namun sebelumnya serikat buruh juga telah dilaksanakan beragam kegiatan olahraga sebagai rangkaiannya seperti pertandingan futsal dan bola voly.

"Intinya kawan-kawan buruh mengisi kegiatan yang positif ini untuk membangun tali silaturahmi," tutur jenderal polisi bintang dua itu.

Terkait pengamanan sendiri, Kapolda mengaku tak ingin mengambil resiko. Meski hanya kegiatan olahraga jalan santai di hari Rabu lusa, namun pihaknya tetap mengerahkan personel secara maksimal.

"Jangan sampai ada penyusup atau provokasi dan sebagainya. Oleh karena itu, kita siapkan pengamanan yang cukup baik sistem terbuka maupun tertutup," katanya.

Belajar dari aksi buruh di Kalimantan Selatan yang memperingati May Day dengan begitu positif dalam beberapa tahun terakhir, Kapolda pun berharap elemen masyarakat lainnya dapat mencontoh sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat terus terjaga.

Diketahui jika selama ini peringatan Hari Buruh yang masuk kalender libur nasional selalu identik disambut aksi demonstrasi di berbagai kota di Indonesia untuk perjuangan buruh menuntut kesejahteraan dan sebagainya.

Baca juga: 25 ribu personel gabungan kawal "May Day" di Jakarta
Baca juga: Kapolrestabes Bandung imbau May Day diisi dengan hal positif

Pewarta: Firman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019