Kaisar Akihito sampaikan terima kasih kepada masyarakat Jepang

id kaisar,jepang,akhihito,permaisuri michiko,putra mahkota,naruhito,putri mahkota,masako,turun tahta,serahkan tahta,istana kekaisaran,tokyo,aa

Kaisar Akihito sampaikan terima kasih kepada masyarakat Jepang

Kaisar Jepang Akihito, yang didampingi Permaisuri Michiko, Putra Mahkota Naruhito dan Putri Mahkota Masako, menyampaikan pidato dalam ritual "Taiirei-Seiden-no-gi", dalam upacara penyerahan tahta di Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang, Selasa (30/4/2019). ANTARA/REUTERS/Japan Pool

Tokyo (ANTARA) - Kaisar Jepang Akihito, dalam sambutan terakhir yang menyudahi tiga dekade kekuasaannya pada Selasa, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan yang selama ini ia terima. 

Kaisar juga menyatakan harapan akan masa depan yang damai.

Akihito merupakan kaisar Jepang pertama yang menyerahkan tahta secara sukarela dalam dua abad terakhir ini. Ia berupaya mengobati kenangan menyakitkan dari Perang Dunia II serta berupaya merangkul rakyat biasa, termasuk masyarakat terpinggirkan.

Tokoh populer berusia 85 tahun itu menjadi kaisar pertama yang menyerahkan Tahta Krisantemum kepada putranya di bawah konstitusi pascaperang Undang-undang tersebut menetapkan kaisar sebagai simbol rakyat tanpa kekuatan politik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kaisar Jepang Akihito turun tahta setelah tiga dekade berkuasa
Baca juga: Kaisar Jepang beri penghormatan kerakhir di situs suci Shinto

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar