pertumbuhan tahun 2018 didukung penguatan bisnis melalui inovasi berkesinambungan baik dari sisi produk maupun layanan
Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp179,5 miliar pada 2018 atau tiga kali lipat dari tahun sebelumnya dengan total aset tumbuh hingga mencapai Rp7 triliun.

CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan pencapaian ini membuktikan komitmen Generali untuk terus tumbuh dan berinovasi memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan terbaik.

"Pertumbuhan tahun 2018 didukung penguatan bisnis melalui inovasi berkesinambungan baik dari sisi produk maupun layanan," katanya.

Menurut dia, meskipun persaingan industri asuransi jiwa saat ini sangat ketat, hal ini tidak menyurutkan ambisi Generali untuk terus tumbuh dan menghadirkan produk inovatif guna optimalisasi investasi serta perlindungan kesehatan.

"Kami terus fokus untuk menjawab kebutuhan nasabah dan melakukan diferensiasi produk sebagai kunci sukses dan faktor pembeda di pasar asuransi," katanya.

Selama 2018, Generali juga mencatatkan pertumbuhan premi lanjutan sebesar 26 persen dengan rata-rata dana kelolaan sepanjang lima tahun terakhir meningkat 31 persen.

Selain itu, total perolehan premi bruto tercatat sebesar Rp2,8 triliun dan rasio solvabilitas berada di posisi 314 persen atau 2,6 kali lipat dibanding minimum 120 persen yang ditetapkan pemerintah.

Dengan pencapaian ini, Generali akan memperkuat jalur distribusi di segala lini, baik melalui bank rekanan (bancassurance), keagenan, maupun bisnis kumpulan (group business).

Secara keseluruhan, jalur keagenan masih memberikan kontribusi terbesar pada 2018 yakni sebesar 55 persen, bancassurance 32 persen dan bisnis kumpulan sebesar 13 persen.

Dalam hal pemberian hak nasabah, Generali mencatatkan pembayaran dana klaim kesehatan dan meninggal dunia sebesar Rp627 miliar, atau meningkat 16 persen dari tahun 2017.

Sebagai strategi memperkuat posisi di industri asuransi jiwa pada 2019, Generali akan mulai fokus kepada segmen anak muda dengan meluncurkan produk Cemerlang.

Produk Cemerlang memberikan perlindungan asuransi lebih dari 1.000 kali premi bulanan apabila terjadi risiko dan menjamin 110 persen premi yang dibayarkan nasabah kembali di akhir masa pertanggungan.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019