Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW-DMI) Kalimantan Tengah menggelar lomba Kampung Ramadhan Berkah 1440 Hijriyah pada 14 kabupaten/kota di provinsi yang disiapkan sebagai lokasi perpindahan ibu kota dan pusat pemerintahan Republik Indonesia.

Ketua Umum PW-DMI Kalteng H.Sugianto Sabran telah melayangkan surat kepada bupati/wali kota se-Kalimantan Tengah terkait kegiatan tersebut.

Pada surat edaran yang diterima Antara, Rabu, Ketua Umum PW-DMI Sugianto Sabran yang juga Gubernur Kalteng dan Sekretaris Umum H.Suhardi, S.Ag mengimbau kepada 13 bupati dan satu wali kota agar bisa memberikan dukungan dan bantuan bagi penyelenggaraan lomba Kampung Ramadhan Berkah 1440 Hijriyah.

Kegiatan yang pelaksanaannya dikoordinir Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia kabupaten/kota se-Kalteng itu bertujuan memeriahkan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah atau tahun 2019 Masehi.

Penyelenggaraan lomba Kampung Ramadhan Berkah 1440 H di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng untuk mengisi waktu kalangan remaja dengan kegiatan positif dan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Ekonomi umat

Sebelumnya Ketua Harian PW-DMI Kalteng Dr.H.Bulkani  mengatakan masjid se-Kalteng dinilai sudah optimal pada fungsi sebagai rumah ibadah bagi umat Islam, dan saatnya mulai didorong pada potensi fungsi sebagai wadah pemberdayaan ekonomi umat di sekitar lingkungan masjid.

“Aktivitas dan kegairahan jamaah masjid di provinsi ini terus meningkat yang sekaligus merupakan potensi bagi pemberdayaan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat,” ucap Sekretaris Umum MUI Kalteng dan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) dua periode itu.

Masjid pada beberapa daerah di Kalteng juga mulai menyediakan makanan dan minuman bagi jamaahnya secara berkala, khususnya pada jamaah Shalat Jumat.

DMI Kalteng bersama Pemprov Kalteng juga terus melakukan pemetaan masjid, langgar dan mushala terkait kebutuhan penguatan sarana dan prasarana masing-masing pengelolanya.

Secara bersamaan juga dilakukan inventarisasi peluang dan potensi segenap jamaah dan lingkungan masjid untuk pengembangan potensi keumatan dari berbagai aspek.

Pewarta: Muhammad Yusuf
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019