Untuk tahap awal ini, akan disalurkan untuk 1.000 penerima manfaat kartu di seluruh wilayah Bali selama bulan Ramadhan. Walaupun namanya Ramadhan Card, penerima manfaatnya tidak hanya dari kalangan Muslim saja, namun juga dari masyarakat non-Muslim,
Denpasar (ANTARA) - Lembaga sosial dan kemanusiaan Aksi Ceoat Tanggap (ACT) Bali menyiapkan 10.000 makanan berbuka puasa yang melibatkan masyarakat dari proses hingga penerimaan lewat program "Dapur Ramadhan" yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

"Program Dapur Ramadhan yang didirikan pada 26 titik yang tersebar hampir di seluruh kabupaten di Bali itu juga dirangkai dengan program Ramadhan Card untuk masyarakat miskin," kata Marketing & Communication ACT Bali, Apiska Antoni, dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan ini tidak hanya sekadar membagikan makanan buka puasa, namun juga melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini, karena mereka yang memasak dan menikmatinya juga masyarakat itu sendiri, sekaligus menjadi wadah untuk memperat silaturahim antarwarga.

Adapun Program Ramadhan Card merupakan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu atau miskin dalam bentuk kartu, jadi Ramadhan Card ACT itu hadir untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.

"Untuk tahap awal ini, akan disalurkan untuk 1.000 penerima manfaat kartu di seluruh wilayah Bali selama bulan Ramadhan. Walaupun namanya Ramadhan Card, penerima manfaatnya tidak hanya dari kalangan Muslim saja, namun juga dari masyarakat non-Muslim," ujarnya.

Kedepan, program ini akan dilanjutkan untuk jangka panjang dengan nama "Humanity Card" dan jumlah penerima manfaat yang lebih besar.

Mekanisme dari bantuan ini sangat inovatif, ACT menggandeng salah satu bank besar untuk menyediakan kartu dengan merchant pembayaran tersebar luas di Bali.

Masyarakat penerima manfaat akan dapat dengan mudah mengambil bantuannya di gerai-gerai toko yang sudah bekerja sama dengan merchant kartu yang disediakan pihak bank tersebut, seperti Alfamart, Indomaret, CocoMart, Circle K, maupun gerai toko lainnya.

"Untuk Ramadhan kali ini, Ramadhan Card akan mengalokasikan Rp300.000/jiwa, nantinya jika program ini berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan dana bantuan ditingkatkan. Kesuksesan program-program ini tidak terlepas dari donasi para mitra donatur ACT yang berkontribusi aktif membantu sesama," tambahnya.

Ia mengharapkan program-program ini dapat membuat Ramadhan kali ini menjadi lebih baik, penuh berkah dengan banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dan juga ladang amal bagi para mitra donatur ACT untuk memanfaatkan bulan penuh kebaikan ini.

"Berbagi itu membahagiakan, Berbagi itu kebaikan. Insya-Allah, kebaikan yang dikerjakan di bulan Ramadhan mendapat balasan berjuta-juta kali lipat. Mari berbondong-bondong melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini," katanya.

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019