Tujuan kami untuk meningkatkan perekonomian pedagang kecil di Wamena, dan kami sengaja pusatkan di satu titik sehingga masyarakat menunggu waktu buka puasa bisa langsung datang sambil mencari takjil di sini
Wamena (ANTARA) - Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memfasilitasi 60-an tempat jualan bagi pedagang takjil selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah/2019.

Ketua KKSS Jayawijaya Rudy Hartono di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan awalnya pondok tempat berjualan yang disediakan di sekitar Mal Wamena hanya 30-an namun telah ditambah.

"Karena animo warga dalam wisata kuliner untuk berbuka puasa cukup tinggi sehingga ada penambahan pedagang yang menjajakan produknya di halaman Mal Wamena," katanya.

Sebagai pihak yang ditunjuk untuk menghidupkan kembali mal yang merupakan aset pemkab itu, KKSS mulai menggerakkan warga untuk datang ke mal dengan menyediakan tempat jualan bagi pedagang takjil.

"Tujuan kami untuk meningkatkan perekonomian pedagang kecil di Wamena, dan kami sengaja pusatkan di satu titik sehingga masyarakat menunggu waktu buka puasa bisa langsung datang sambil mencari takjil di sini," katanya.

Ia mengimbau pedagang yang berjualan di halaman Mal Wamena terus menjaga kebersihan dan kelayakan makanan yang disediakan, serta mempertahankan toleransi umat beragama yang sudah terjalin.

"Pemerintah dan masyarakat Jayawijaya sudah mendapatkan penghargaan untuk pembinaan toleransi umat beragama yang baik, ini karena komitmen bersama dan harus terus dijaga," katanya.

Berdasarkan pantauan, usai dibukanya tempat jualan takjil di halaman Mal Wamena, aset pemerintah yang telah diambil alih pengelolaanya itu sangat ramai.

Baca juga: Islam Beri Perubahan Budaya Muslim Wamena

Baca juga: Uskup Jayapura Silaturahmi Idul Fitri Dengan Ketua MUI Papua

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019