Semarang (ANTARA) - Jumlah perolehan kursi anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa di DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Pemilu 2019 bertambah tujuh kursi dari perolehan kursi pada pemilu 5 tahun lalu.

Berdasarkan dokumen rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara yang dilihat di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Minggu, PKB akan memperoleh 20 kursi di DPRD Provinsi Jateng. Pada pemilu sebelumnya, PKB hanya memperoleh 13 kursi di DPRD Provinsi Jateng.

Menanggapi bertambahnya perolehan kursi anggota legislatif tingkat provinsi tersebut, Ketua DPW PKB Jawa Tengah Kiai Haji Yusuf Chudlori mengucap syukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Jateng terhadap para caleg yang diusung partainya.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yusuf, keberhasilan ini berkat dukungan warga Jateng, para kiai, dan warga nahdiyin yang bergerak masif.

"Sangat terasa dukungan NU kepada PKB, baik itu struktural maupun kultural, termasuk para aktivis perempuan NU yang bergerak sampai ke tingkat TPS. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Jateng yang telah memilih PKB," ujarnya.

Hasil survei yang dilakukan sebelum penyelenggaraan pemilu di Jateng, perolehan suara PKB disebut-sebut akan kalah dengan Partai Gerindra. Namun, hal tersebut justru menjadi pelecut para kader dan pengurus PKB di semua tingkatan untuk bekerja keras.

"Saya mengapresiasi kerja pengurus dan seluruh caleg. Hasilnya siginifikan, tidak hanya di Provinsi Jateng, tetapi juga kenaikan di setiap kabupaten/kota," katanya.

DPW PKB dalam waktu dekat akan melaporkan hasil perolehan suara pemilu tahun ini kepada PWNU Jawa Tengah karena selain kursi di tingkat DPRD provinsi, perolehan kursi DPR RI
yang disumbangkan caleg PKB dari daerah pemilihan di Jateng juga bertambah menjadi 13 kursi yang sebelumnya 10 kursi.

Sementara itu, perolehan kursi PKB pada tingkat DPRD kabupaten/kota se-Jateng total sebelumnya tercatat hanya 196 kursi, kini bertambah menjadi 229 kursi.

Dari jumlah itu, empat DPC PKB menjadi pemenang pemilu legislatif, yaitu Kabupaten Kendal, Batang, Pekalongan, dan Tegal, sedangkan sebanyak 22 DPC akan mendapat posisi sebagai Wakil Ketua DPRD.

"Semua meningkat meskipun ada yang kursinya tetap. Akan tetapi, ini pencapaian yang baik sepanjang sejarah PKB mengikuti lima kali pemilu," ujarnya.

Ke-20 caleg dari PKB yang akan duduk di kursi DPRD Jateng adalah Tazkiyatul Muthmainah, Benny Karnadi, Nur Saadah, M. Nur Khabsyin, Muh Zen, Romli, Mulafi Fadli, Chamim Irfani, Moh. Budiyono, Muh.Henri Wicaksono, Akhmad Fadlun, Wakhid Jumali, Mukhlis, Sarif Abdillah, Siti Rosidah, Lailatul Arofah, Fuad Hidayat, Sukirman, Abdul Hamid, dan Abu Hapsin.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019