Jakarta (ANTARA) - Para guru diajak untuk ikut serta mengembangkan destinasi wisata di daerah melalui peran sebagai tenaga pendidik dan pencetak sumber daya manusia (SDM) yang profesional bagi pengembangan potensi pariwisata.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani, di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya baru saja menggelar Pelatihan SDM Kepariwisataan Bagi Guru, di Ballroom MG Setos Hotel, Semarang pada Kamis (23/5).

Ia mengatakan kegiatan pelatihan bagi guru itu diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata.

Selanjutnya, guru diharapkan dapat menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan.

"Insan guru nantinya dapat memahami alur proses dan bisnis pariwisata serta mempunyai pengetahuan yang khusus, tahu dengan jelas mengenai suatu tempat atau objek wisata sehingga dapat menerangkan lebih detail kepada wisatawan baik wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara," kata Giri.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya menjelaskan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dasar SDM kepariwisataan bagi guru yang selama ini memiliki andil dan peran penting dalam dunia pendidikan bagi masyarakat khususnya di sekitar destinasi di wilayahnya.

"Pelatihan dasar SDM Kepariwisataan perlu melibatkan peran guru, karena sesungguhnya guru yang memberikan wawasan kepada siswa sebagai generasi masa depan dan memberikan warna perubahan di bidang pariwisata," ujarnya pula.

Hadir sebagai narasumber dalam Pelatihan SDM Kepariwisataan yang diikuti sekitar 200 guru di Jawa Tengah, di antaranya Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga, Wisnu Bawa Tarunajaya (Tema: Produk Pariwisata dan Sikap Melayani); Kepala Bidang Pengembangan SDM Parekraf, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah,dan YA Trenggono (Tema: Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di Provinsi Jawa Tengah).

Kemudian Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Eris Yunianto (Tema: Peran Guru dalam mendukung pengembangan pariwisata Indonesia di Kota Semarang), dan Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia Andi Yuwono (Tema: Manajemen Pembangunan Desa Wisata).
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019