Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Sumatera Utara Tengku Dzulmi Eldin menggelar shalat sunnah tasbih sekaligus zikir bersama di Masjid Nurul Huda, Jalan Marelan Raya, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Minggu.

Eldin mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, karena  ia berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan warga.

"Sebab, kita dapat saling bersilaturahim terlebih di bulan suci Ramadhan sehingga keberkahan semakin kita rasakan hadir di tengah-tengah kita semua. Hal ini juga sekaligus mencerminkan sebuah keluarga besar sebagai Medan Rumah Kita dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah yang indah,’’ katanya.

Pada kesempatan itu ia mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan senantiasa memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan yakni dalam hal beragama, bermasyarakat dan bernegara.

"Dengan demikian, seluruh masyarakat dapat menjalankan peran dan fungsi masing-masing sehingga berguna bagi sesama," ujarnya

Ia menambahkan, Ibadah bukan hanya sekedar hubungan keimanan antara manusia dan Sang Pencipta, Allah SWT. Namun juga berkaitan hubungan manusia dengan antarsesama manusia.

"Untuk itu saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam membantu menyelesaikan berbagai persoalan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Jika hal tersebut dilakukan, niscaya Kota Medan akan tetap menjadi kota yang humanis bagi siapa pun,’’ tuturnya

Disamping itu Eldin juga minta agar seluruh masyarakat senantiasa berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait khususnya TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum, terutama dalam mengantisipasi kemungkinan ancaman kriminalitas.

"Kita harus sama-sama menciptakan suasana yang aman dan nyaman, apalagi saat para umat Muslim melaksanakan ibadah. Terlebih kepada para orang tua kiranya dapat memperhatikan anak-anaknya agar tidak bermain petasan yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kekhusyukan umat yang sedang beribadah,’’ tegasnya

Pasca Pemilu 2019, Eldin mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas Kota Medan. Sebab katanya, jangan sampai perbedaan justeru membuat masyarakat menjadi terpecah belah yang berakibat pada terganggunya stabilitas keamanan khususnya di Kota Medan.

"Perbedaan hal yang biasa, namun jangan sampai perbedaan justeru membuat kita menjadi terpecah belah. Sudah saatnya kita akhiri segala perselisihan yang ada. Jangan ada lagi permusuhan di antara sesama. Mari kita jaga kerukunan dan persatuan dengan menahan diri dari segala perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain," ujarnya

Kegiatan tersebut juga diisi tausyiah singkat yang disampaikan Ustad Hasbi Al Mawardi Lubis.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Dandim 02/01 BS Kolonel Inf Yuda Rismansyah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta Camat se- Kota Medan.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019