Nikkei menguat, pasar tunggu berita pembicaraan dagang Jepang-AS

id indeks nikkei,indeks topix,pembicaraan dagang AS dan jepang

Nikkei menguat, pasar tunggu berita pembicaraan dagang Jepang-AS

ilustrasi Nikkei (REUTERS/Toru Hanai)

Tokyo (ANTARA) - Indeks acuan Nikkei Jepang naik tipis pada Senin pagi, dibantu oleh kenaikan Wall Street Jumat, sementara pasar menunggu hasil pembicaraan perdagangan antara para pemimpin Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Rata-rata saham Nikkei bertambah 0,3 persen menjadi 21.181,80 pada istirahat tengah hari, Senin. Indeks Nikkei telah turun lima persen dalam bulan ini terpukul oleh konflik yang memanas perdagangan AS-China.

Arah pasar hari ini bergantung pada hasil pembicaraan perdagangan AS dan Jepang, sementara volume perdagangan mungkin tetap tenang dengan lebih sedikit pedagang di pasar bursa karena pasar AS ditutup pada Senin untuk liburan, kata para analis.

Pada hari Senin, Presiden Donald Trump dan Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengadakan pembicaraan formal. Konferensi pers bersama akan diadakan mulai pukul 05.00 GMT.

Kedua pemimpin bermain golf dan menghadiri turnamen sumo, menunjukkan persahabatan untuk kekuatan aliansi AS-Jepang, tetapi mereka memiliki ketidaksepakatan kebijakan atas perdagangan.

Trump telah mengancam untuk menerapkan tarif tinggi mobil-mobil mobil Jepang dalam upayanya untuk menekan surplus perdagangan dengan negara lain.

"Pasar tampaknya tetap positif tentang pembicaraan perdagangan setelah melihat berita utama menunjukan hubungan persahabatan mereka selama akhir pekan," kata Ryohei Yoshida, seorang analis teknis senior di Daiwa Securities.

Fokus pasar adalah pada tarif otomotif, sementara mereka optimistis tentang perkembangan setelah Trump tweeted tentang kemajuan dalam pembicaraan Jepang-AS, kata Yoshida.

"Kemajuan besar dibuat dalam negosiasi perdagangan kami dengan Jepang. Pertanian dan daging sapi dalam permainan yang berat," tweet Trump setelah tiba kembali di Tokyo dari lapangan golf di pinggiran kota tempat keduanya bermain. ""Banyak yang akan menunggu sampai setelah pemilihan Juli, di mana saya mengantisipasi sejumlah besar."

Saham perusahaan besar seperti Fast Retailing dan SoftBank Group Corp naik pada hari Senin, masing-masing naik 1,1 persen dan 1,8 persen.

Saham perusahaan eksportir masuk dalam permintaan pasar. Sementara saham Sony Corp naik 0,9 persen, Subaru Corp naik 1,8 persen, dan Hitachi Ltd melonjak 1,7 persen.

Indeks Topix yang lebih luas bertambah 0,4 persen, sehingga diperdagangkan pada angka 1.546,90.

Baca juga: Bursa saham Tokyo dibuka lebih rendah ikuti Wall Street
Baca juga: Bursa saham Tokyo jatuh di tengah kekhawatiran prospek ekonomi global


 

Pewarta : Risbiani Fardaniah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar