ACT akan santuni 130 KK warga Pulau Lantangpeo Takalar

id ACT Sulsel, Global Zakat ACT, Program Kapal Ramadhan ACT,santuni warga Pulau Lantangpeo,ACT santuni warga Pulau Lantangpeo

ACT akan santuni 130 KK warga Pulau Lantangpeo Takalar

Ilustrasi- Kapal angkut untuk persiapan Program Kapal Ramadhan ACT yang akan diberangkatkan ke Pulau Lantangpeo Kabupaten Takalar. ANTARA Foto/HO/Ketua ACT Perwakilan Sulsel

Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Global Zakat ACT akan kembali memberangkatkan kapal bantuan melalui Program Kapal Ramadhan, menyasar sedikitnya 130 kepala keluarga (KK) secara keseluruhan warga yang berdomisili di Pulau Lantangpeo Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"InsyaAllah tanggal 28 Mei besok (Selasa-red), kami akan distribusi 150-200 paket pangan ke salah satu pulau terluar Takalar, itu juga dari dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS)," ungkap Ketua ACT Perwakilan Sulawesi Selatan, Faizal Agunisman di Makassar, Senin.

Paket yang akan didistribusi berupa paket pangan dengan nilai bervariasi. Berkisar antara Rp300 ribu - 550 ribu per paketnya, disesuaikan dengan besaran yang diserahkan oleh mitra ACT. Beberapa mitra tersebut seperti PLN, Indosat dan mitra nasional lainnya.

Sementara, Head Of Marcom ACT Sulsel, Catherin Imran mengemukakan, persiapan Program Kapal Ramadhan telah mencapai lebih dari 90 persen yang rencananya akan dilepas di Pelabuhan Galesong, Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar oleh Wakil Bupati Takalar.

"Sebenarnya rencana hari Ahad kemarin (26/05) acaranya, tetapi karena dari pemerintah setempat berhalangan, makanya kami undur ke hari Selasa besok (28/05)," ungkapnya.

Kapal Ramadhan ACT tahun lalu dilepas di Pelabuhan Garongkong Barru, dan tahun ini rencana pelepasannya digelar di Pelabuhan Galesong Kabupaten Takalar oleh Wakil Bupati Takalar bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

"Kebetulan pak Bupati Takalar nya sedang umrah, jadi yang akan melepas Wakil Bupati Takalar. Kita juga sudah kirim undangan dan rundown acara ke Wakil Gubernur, mudah-mudahan beliau bisa hadir," harapnya.

Terkait alasan dipilihnya kepulauan daerah Kabupaten Takalar, perempuan yang disapa Cathy ini mengaku, hal tersebut sesuai dengan prinsip utama ACT membantu wilayah-wilayah pelosok.

"Karena daerah distribusi kami memang hingga ke pelosok, menyentuh orang-orang yang benar-benar membutuhkan, sebagaimana syarat penerima manfaat adalah orang-orang yang betul-betul membutuhkan," ungkapnya.

Selain itu, Global Zakat ACT juga akan segera menyalurkan dana zakat masyarakat berupa paket sembako kepada para mualaf di tiga kabupaten Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Gowa, Pinrang dan Toraja.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar