Untuk paket Ramadhan Bahagia senilai Rp250.000 disalurkan ke panti jompo, fakir miskin, dan pasien miskin di rumah sakit
Tangerang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang menyalurkan zakat sebesar Rp1,3 milyar yang tersebar ke seluruh kecamatan dalam bentuk uang tunai dan paket kebutuhan pokok (sembako) Ramadhan Bahagia.

Ketua Baznas Kota Tangerang, KH M Aslie El Husyairy di Tangerang, Banten, Senin mengatakan penyaluran dilakukan secara bertahap sejak tanggal 21 Mei 2019 lalu.

"Untuk paket Ramadhan Bahagia senilai Rp250.000 disalurkan ke panti jompo, fakir miskin, dan pasien miskin di rumah sakit. Penyaluran paket Ramadhan Bahagia dilakukan langsung oleh petugas Baznas. Paket Ramadhan Bahagia dikemas dalam kotak kontainer dan disalurkan langsung ke rumah-rumah mustahik," katanya.

Penyaluran zakat dari Baznas Kota Tangerang ini ada dalam bentuk uang tunai dan paket sembako

“Untuk zakat yang disalurkan dalam bentuk uang tunai, tiap kelurahan mendapat Rp9 juta. Oleh pihak kelurahan uang zakat itu akan disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya,” katanya.

KH M Aslie El Husyairy  juga mengungkapkan  di Kota Tangerang saat ini telah terbentuk 912 unit pengumpul zakat (UPZ), yang terdiri dari UPZ masjid dan musala, UPZ instansi pemerintah, UPZ perusahaan dan UPZ sekolah.

Pembentukan UPZ ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

“Baznas Kota Tangerang telah menerbitkan surat keputusan UPZ untuk masjid dan musala. Hal ini agar terhindar dari pelanggaran UU Zakat Nomor 23 Tahun 2011. UPZ adalah payung hukum pengelolaan keuangan zakat di masjid dan musala serta Institusi lainnya," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019