Hari ini sendiri ada sebanyak 79 bus diberangkatkan secara bertahap...
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina mengadakan mudik gratis pada Lebaran 2019 dengan jumlah peserta mencapai 15.000 peserta di seluruh Indonesia.

"Hari ini sendiri ada sebanyak 79 bus diberangkatkan secara bertahap dan dari Pekanbaru juga ada sembilan bus," kata Direktur SDM Pertamina Kushartanto di Taman Mini Indonesia Indah ketika melepas pemberangkatan bus mudik, di Jakarta, Rabu.

Armada transportasi mudik tidak hanya menggunakan bus, ada juga peserta mudik gratis yang menggunakan kapal laut dan kereta api. Mereka sebagian besar merupakan pekerja yang terkait dengan Pertamina mulai dari penjaga masjid, petugas operator, sopir truk tanki, bahkan pedagang.

Peserta mudik gratis diberangkatkan pada pukul 08.00 WIB. Para peserta datang sejak subuh untuk pendataan.

Berdasarkan pengamatan Antara, jurusan bus yang diberangkatkan dari TMII antara lain menuju Palembang (Sumatera Selatan) dan  Surabaya (Jawa Timur), dengan jadwal keberangkatan yang bertahap.

Menurut data Pertamina, peserta mudik gratis tahun ini melonjak sekitar40 persen dibandingkan tahun lalu. Hal itu, karena banyak anak perusahaan Pertamina juga menggelar program mudik gratis.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019