Lhokseumawe, Aceh (ANTARA) - Ratusan pemudik Lebaran dari Lhokseumawe, Provinsi Aceh diberangkatkan secara gratis  oleh PT. Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe, ke berbagai daerah dan kota tujuan di Indonesia.

Pemberangkatan 300 pemudik secara gratis dengan menggunakan armada bus tersebut dilakukan di komplek Pelabuhan Umum Krueng Geukuh, Kamis.

“Mudik Bareng Gratis Pelindo 1 ini, merupakan bentuk tanggung jawab sosial Pelindo 1 untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat,” ucap Fiona Sari Utami VP Public Relations Pelindo 1.

Dari tahun ke tahun program mudik gratis tersebut sangat diminati, oleh karena itu Pelindo 1 menambah kuota peserta mudik.

Tahun 2019 ini Pelindo 1 memberikan kuota peserta mudik  6.000 orang, meningkat 26,31 persen jika dibandingkan tahun 2018 yang hanya  4.750 orang.

Dengan penambahan kuota peserta mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan selama masa mudik lebaran, ujar Fiona.

Untuk penyedian armada bus, Pelindo 1 menyediakan 20 bus bagi masyarakat yang pada hari Kamis, (30/5), dengan rute Pekanbaru – Medan, Perawang – Medan, Lhokseumawe – Medan, Sibolga - Medan.

Selanjutnya, pada Jumat (31/5) dan 2 Juni 2019, juga sebanyak 20 armada bus disediakan untuk mudik gratis dengan rute Medan – Banda Aceh, Medan – Tapanuli Selatan, Medan – Tapanuli Tengah.

Sedangkan untuk pelayanan rute mudik via laut, Pelindo 1 menyediakan Delapan kapal laut dengan rute Batam – Belawan pada Kamis (30/5) dan 1 Juni 2019, serta rute Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Dabo Singkep, Natuna dan Pelabuhan Kijang menuju Natuna, terang VP Public Relations Pelindo 1 tersebut.

Pewarta: Mukhlis
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019