Pemudik di Tol Manado-Bitung digratiskan

id tol,ramadhan 1440 H,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ramadhan

Pemudik di Tol Manado-Bitung digratiskan

Pemudik atau masyarakat harus mengakses gerbang tol Airmadidi untuk masuk Tol Manado-Bitung yang difungsikan.

Manado (ANTARA) - PT Jasamarga Manado Bitung menggratiskan pemudik yang melintasi Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada masa Lebaran 2019.

"Gratis, tidak ada biaya yang dipungut. Kami terus sosialisasikan kepada masyarakat supaya bisa dimanfaatkan fasilitas yang digunakan ini," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung di Manado, Jumat.

Manakala pemudik menggunakan ruas tol sepanjang 18,2 kilometer itu dari Airmadidi-Manembo-Nembo, waktu tempuh akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan ruas jalan nasional. Selisihnya, bisa sampai setengah jam.

Selain itu, kata dia, pemudik akan terhindari dari kemacetan yang terjadi di titik-titik tertentu di daerah tersebut.

"Mari masyarakat ataupun pemudik menggunakan fasilitas yang dibangun pemerintah ini selama arus mudik maupun arus balik Lebaran," ujar dia.

Dari sisi kelayakan jalan, kata dia, masyarakat tak perlu khawatir karena sebelum difungsikan, telah dilakukan survei lapangan oleh sejumlah pihak terkait.

"Memang telah diatur, untuk arus mudik (satu arah dari Manado ke Bitung, red.) dimulai tanggal 29 Mei-6 Juni 2019, sementara untuk arus balik (Bitung ke Manado, red.) dibuka tanggal 7-11 Juni 2019," kata dia.

Dia berharap, masyarakat atau pemudik berkendara tidak ugal-ugalan serta mematuhi rambu lalu lintas atau penunjuk arah yang dipasang agar terhindar dari kecelakaan.

"Tol fungsional ini dibuka mulai pukul 08.00-17.00 Wita," ujar dia.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar