Lazismu Kabupaten Magelang salurkan 5.749 bingkisan Lebaran

id lazismu kabupaten magelang,bingkisan lebaran, kaum duafa

Lazismu Kabupaten Magelang salurkan 5.749 bingkisan Lebaran

Seorang petugas Lazismu Kabupaten Magelang membagikan bingkisan Lebaran 2019 kepada warga. (ANTARA/PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang)

Magelang (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Magelang menyalurkan 5.740 bingkisan Lebaran dalam Program Paket Kado Ramadhan 1440 Hijriah kepada kaum duafa.

Ketua Lazismu Kabupaten Magelang Imron Rosidi di Magelang, Selasa, mengatakan Program Paket Kado Ramadhan itu untuk meringankan beban masyarakat, terutama mereka yang berasal dari kalangan tidak mampu, dalam memenuhi kebutuhan merayakan Lebaran tahun ini.

"Ini merupakan program rutin yang dilakukan pada akhir Bulan Ramadhan setiap tahunnya," ujar dia.

Setiap bingkisan yang totalnya seharga Rp70.000 itu, berisi antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, susu, dan teh bungkus.

Dia menjelaskan bahwa penyaluran bingkisan itu sebagai salah satu bentuk respons dan komitmen Lazismu dalam membantu kaum duafa di daerah setempat.

"Masih ada kelompok masyarakat yang mengalami keterbatasan kemampuan ekonomi sehingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya," kata dia dalam keterangan tertulis Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu.

Ia menjelaskan bahwa paket tersebut berasal dari bantuan masyarakat yang sejak awal Ramadhan 1440 Hijriah dikumpulkan melalui Kantor Layanan Lazismu di tingkat kecamatan di Kabupaten Magelang.

"Selain berasal dari wilayah Kabupaten Magelang, ada pula muzaki dan donatur yang berasal dari luar daerah ini," ucap dia.

Sasaran penyaluran bingkisan itu, antara lain kelompok masyarakat yang mengalami keterbatasan dan tidak berdaya secara ekonomi, sedangkan teknis pembagiannya dilakukan melalui Kantor Layanan Lazismu di setiap kecamatan.

Pada kesempatan itu, Lazismu Kabupaten Magelang juga membagikan 918 mushaf Al Quran kepada beberapa takmir masjid dan amal usaha Muhammadiyah, khususnya berbagai sekolah, di Kabupaten Magelang.

"Tujuannya untuk proses syiar Al Quran kepada masyarakat secara luas," kata dia.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar