Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia  Daerah Operasi 9 Jember, Luqman Arif mengatakan tiket kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur sudah terjual habis hingga H+3 Lebaran 2019.

"Berdasarkan data, tiket sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi sudah habis hingga Minggu (9/6) atau H+3 Lebaran 2019," katanya di Kabupaten Jember, Jumat.

Tiket kereta ekonomi jarak jauh dan jarak menengah yang habis yakni KA Sritanjung, KA Probowangi, KA Logawa, KA Tawangalun untuk sejumlah stasiun tujuan.

Menurutnya tiket kereta api komersial untuk kelas bisnis dan eksekutif sudah terjual sekitar 90 persen dan biasanya akan habis menjelang keberangkatan selama arus balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Baca juga: Kepadatan arus mudik di Stasiun Jember masih normal

Baca juga: KAI tambah rangkaian KA Mutiara Timur pada mudik Lebaran 2019


"Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (9/6) seiring dengan habisnya cuti dan libur Lebaran para pegawai swasta dan aparatur sipil negara (ASN)," tuturnya.

Ia mengatakan jumlah penumpang pada Jumat(7/6) atau H+1 Lebaran di wilayah Daop 9 sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi tercatat 8.697 orang dengan rincian penumpang kereta kelas eksekutif sebanyak 904 orang, penumpang kereta kelas bisnis 270 orang, penumpang kereta kelas ekonomi 4.550 orang, dan kereta ekonomi lokal 2.973 orang.

"Sejak H-10 hingga H+1 Lebaran tercatat 87.653 penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api di wilayah Daop 9 Jember selama masa angkutan Lebaran 2019," katanya.

Dibandingkan masa angkutan Lebaran 2018, lanjut dia, volume penumpang kereta api utama dan lokal pada masa angkutan Lebaran 2019 mengalami peningkatan.

"Sejauh ini perjalanan kereta api di wilayah Daop 9 Jember berjalan lancar dan tidak ada kendala yang signifikan selama masa angkutan arus mudik dan balik Lebaran," ujarnya.

Pantauan di lapangan, kepadatan arus balik terlihat di sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 di antaranya Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Jember, Stasiun Tanggul, dan Stasiun Pasuruan.

Kereta api yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur (siang) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur (malam) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang.

Selanjutnya KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi rute Jember-Banyuwangi PP.

Baca juga: KAI Daop 9 Jember angkut 60.261 pemudik hingga H-2 Lebaran

Baca juga: KAI Daop Jember bagikan makan sahur dan berbuka gratis

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019