Kam prediksi puncak arus balik di bandara El Tari Kupang terjadi pada H+3 Lebaran yakni Minggu (9/6) besok
Kupang (ANTARA) - Puncak arus balik Lebaran 2019 di bandara internasional El Tari Kupang diperkirakan terjadi pada "H+3" atau pada Minggu (9/6) besok, kata Airport Duty Manager bandara El Tari Kupang, Hery Marjono di kepada ANTARA, Sabtu (8/6).

"Kam prediksi puncak arus balik di bandara El Tari Kupang terjadi pada H+3 Lebaran yakni Minggu (9/6) besok," katanya di Kupang.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan puncak arus balik yang akan terjadi pada bandara Internasional El Tari Kupang. Pihaknya memprediksi jumlahnya bisa mencapai 3.447 pemudik yang akan kembali melalui bandara internasional itu.

Namun, kata dia jumlah tersebut belum pasti, karena pada mudik kali ini pemudik yang melewati bandara El Tari saat puncak arus mudik hanya mencapai 2.000-an pemudik saja.

"Tahun ini tidak signifikan peningkatan pemudiknya di bandara El Tari ini," tambah dia.

Terkait dengan arus balik di Bandara El Tari kata dia, mulai kelihatan pada Jumat (7/6) kemarin dengan pergerakan pemudik yang kembali mencapai 2.705 pemudik.

Jumlah tersebut dibandingkan pada hari yang sama pada arus balik tahun 2018 mengalami penurunan mencapai 25,40 persen. Sebab pada arus balik tahun 2018 jumlah pemudik yang melalui bandara El Tari mencapai 3.626 pemudik.

Penurunan pemudik itu disebabkan oleh tiga hal yakni harga tiket menurut masyarakat luas masih terlalu mahal.

Kemudian juga adanya maskapai penerbangan yang memberlakukan bagasi berbayar sehingga masyarakat malas untuk menggunakan maskapai penerbangan.

Selain itu juga masyarakat mulai tertarik menggunakan jenis transportasi lain seperti kapal laut dan kereta api.

Sementara itu laporan arus balik pada "H+2" (8/6) sampai pada pukul 13.45 WITA jumlah pemudik yang kembali ke Kupang sudah mencapai 1.151 pemudik.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019