Puncak arus mudik di Terminal Poris Plawad terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019. Jumlah penumpang yang berangkat di dua hari tersebut mencapai 14 ribu penumpang
Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Provinsi Banten merilis jumlah penumpang mudik Lebaran 2019 yang berangkat melalui Terminal Poris Plawad yakni sebanyak 22.895 Penumpang.

Plt Kadis Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar di Tangerang, Jumat mengatakan, pendataan jumlah penumpang mudik atau berangkat dilakukan mulai tanggal 29 Mei 2019 hingga 12 Juni 2019 atau H-7 sampai H+6.

Sementara untuk puncak arus mudik di Terminal Poris Plawad terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019. Jumlah penumpang yang berangkat di dua hari tersebut mencapai 14 ribu penumpang.

"Banyak penumpang berangkat di dua tanggal tersebut karena sesuai prediksi sebab setelah libur kerja bagi yang swasta maupun pegawai negeri," ujarnya.

Selain itu, posko tim mudik juga mencatat jumlah penumpang yang tiba saat arus balik Lebaran. Pendataan yang dilakukan mulai tanggal 7 Juni sampai 12 Juni atau H+1 hingga H+6, tercatat ada 5.587 penumpang.

"Berkurangnya jumlah pemudik yang tiba dikarenakan penumpang memilih transportasi lain seperti kereta atau pesawat terbang," ujarnya.

Untuk mudik tahun 2019 ini, sebanyak 400 lebih bus dengan berbagai jurusan seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Yogyakarta telah disiapkan.

Selain itu, Dishub bersama BNN pun melakukan "rampcheck" terhadap seluruh bus dan memeriksa kesehatan para supir sebelum berangkat.

Baca juga: Pemudik tiba di Terminal Poris diajak gunakan bus "TAYO" Tangerang

Baca juga: Bantu pemudik PMI Tangerang dirikan pos pelayanan pertolongan pertama

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019