Konsumsi BBM meningkat sembilan persen saat satgas lebaran

id Bbm,Lebaran

Konsumsi BBM meningkat sembilan persen saat satgas lebaran

BBM Motoris yang digunakan dalam Satgas Idul Fitri. (Pertamina)

Jakarta (ANTARA) - Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan secara keseluruhan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Gasoline selama masa Satgas lebaran mengalami peningkatan sebesar sembilan persen.

Fajriyah dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan angka sembilan persen tersebut berasal dari rata-rata konsumsi harian sekitar 93 ribu kiloliter (KL) yang naik menjadi 102 ribu KL.

Jika dibandingkan dengan masa Satgas tahun 2018, konsumsi tahun ini juga tercatat mengalami kenaikan sebesar empat persen. Kenaikan tertinggi terjadi pada Pertamax sebesar 14 persen, disusul Pertamax Turbo 11 persen dan Pertalite sembilan persen.

“Ini menunjukkan bahwa konsumen sudah banyak yang memilih BBM berkualitas dengan RON tinggi, karena tentunya sangat mendukung performa kendaraan tetap prima selama perjalanan mudik,” ujar Fajriyah.

Berdasarkan hasil evaluasi dari posko sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menghadapi lebaran, tidak ada kelangkaan BBM selama mudik dan arus balik.

"Kelangkaan tidak ada, tapi memang terjadi antrean panjang dan beberapa titik menunggu pasokan," kata Kepala BPH Migas Fanshurulllah Asa di Jakarta, Rabu.

Kondisi ketersediaan (stok) BBM selama masa Posko Nasional ESDM adalah normal, karena tidak terjadi kelangkaan BBM selama masa Posko.

Data ketersediaan BBM per tanggal 18 Juni 2019 adalah jenis Premium 19 hari, Pertalite 20 hari, Pertamax/Akra 92 dan 23 hari, Pertamax Turbo 58 hari, Solar/Akrasol 31 hari, Dexlite 88 hari, Pertamina DEX 37 hari, Avtur 46 hari, dan Kerosene 80 hari.

Data terakhir Pertamina tercatat hingga 9 Juni 2019, penyaluran BBM di titik layanan tambahan Non-SPBU seperti SPBU Modular maupun Kios Pertamina Siaga mencapai 652 ribu liter selama arus mudik.

Baca juga: Jonan : pembangunan jalan tol berdampak tingkatkan konsumsi BBM
Baca juga: Pengamat: Masyarakat kian sadar gunakan BBM berkualitas
Baca juga: Konsumsi BBM jenis Dex melonjak 25 persen sejak arus mudik

Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar