Kami percaya TNI merupakan institusi yang tidak perlu lagi diragukan jiwa kepahlawanannya, semangat kepahlawanannya, maka program TMMD ini akan juga dimanfaatkan untuk menanamkan semangat kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial di lapang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bisa dimanfaatkan menjadi sarana untuk menanamkan semangat kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

"Kami percaya TNI merupakan institusi yang tidak perlu lagi diragukan jiwa kepahlawanannya, semangat kepahlawanannya, maka program TMMD ini akan juga dimanfaatkan untuk menanamkan semangat kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial di lapangan khususnya ketika program ini melibatkan anak-anak muda," kata Mensos di Jakarta, Kamis.

Mensos didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pada Rapat Koordinasi Teknis TMMD ke-105 mengatakan, bahwa investasi untuk generasi penerus bangsa agar mereka bukan hanya menjadi agen pertumbuhan tapi juga bisa menjadi pelopor persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga NKRI.

Baca juga: TNI-AD laksanakan program TMMD di 50 kabupaten/kota

"Generasi muda sebagai penerus, sebagai penggerak pembangunan tentu juga harus dibekali nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial sehingga mereka bisa menjadi pionir dalam menjaga NKRI," katanya.

TMMD merupakan program terpadu antara TNI dengan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan.

Mensos mengatakan ada tiga poin terkait TMMD yaitu pemerataan pembangunan yang dilakukan pemerintah dengan bantuan TNI yang mampu menjangkau daerah 3T sehingga kesenjangan antarwilayah berkurang.

Pelaksanaan kegiatan di Kementerian Sosial TMMD merupakan program terpadu antara TNI dengan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan.

Pelaksanaan kegiatan di Kementerian Sosial juga perlu disinergikan dengan pelaksanaan TMMD, seperti kegiatan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, pemberdayaan komunitas adat terpencil, dan perlindungan sosial korban bencana alam.

Serta penekanan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial dalam pelaksanaan TMMD.

"Pesatnya perkembangan arus informasi mengharuskan generasi muda untuk membekali diri dengan jiwa dan semangat kepahlawanan serta keperintisan dan kesetiakawanan sosial agar dapat menjadi pionir penjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sangat relevan untuk membentengi diri dari hal-hal yang negatif dari luar," katanya.

Baca juga: Mensos: kemiskinan punya efek langsung terhadap mentalitas negara
Baca juga: Mensos: TMMD mampu mempercepat penanganan masalah sosial di daerah 3T

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019