Jakarta (ANTARA) - Terowongan Jalan Kendal yang merupakan jalur pendestrian mulai dimural untuk menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta.
 
"Program mural ini salah satunya untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-492, tapi sebenarnya semangatnya adalah melibatkan komunitas untuk mempercantik kota gitu kira-kira," kata Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta Hendriana Werdhaningsih di Jakarta, Kamis.
 
Hendriana mengatakan bahwa mural tersebut melibatkan berbagai komunitas berdasarkan profesinya. Salah satunya Imural yang spesialis membuat mural serta mahasiswa dari perguruan tinggi dalam bidang komunikasi visual.
 
"Diharapkan semua masyarakat yang ahli dalam bidang tersebut bisa lebih ikut terlibat ya karena pemerintah kan hanya memberikan wadah atau ruang untuk berekspresi ya," ujarnya.
 
Almuni Fakultas Seni Rupa dan Desain itu menambahkan bahwa di lokasi tersebut tidak hanya mural, tapi akan ada pertunjukan seni lainnya agar terlihat lebih hidup dan lebih meriah.
 
Seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta yang juga seniman mural, Marcella mengatakan bahwa mural yang dibuat berdasarkan tema yang telah ditentukan, yaitu Wajah Baru Jakarta.
 
"Gambar yang kita buat sih sesuai tema yang sudah di kasih, yaitu Wajah Baru Jakarta," kata Marcella.
Marcella mengatakan, untuk membuat mural ini melibatkan sepuluh orang mahasiswa.
 
Sedangkan untuk waktu pengerjaannya, mahasiswa semester II itu mengatakan mulai bekerja dari usai kuliah hingga pukul 10 malam.
 
"Buat kerja biasanya kita mulai dari selesai kuliah sampai jam sepuluh malam, dan target selesai kalau nggak Sabtu ya Minggu karena Senin udah UTS," ujarnya.
 
Meskipun harus pulang larut malam, Marcella merasa senang dan puas dalam keterlibatannya dalam proses pembuatan mural di Jalan Kendal tersebut.
 
"Terlibat dalam pembuatan mural ini puas dan senang sih apa lagi kalau dilihat banyak orang dan semua berfoto pakai latar belakang gambar kita, kayak buat tempat wisata baru aja," ujar Marcella.
 
Selain itu, dia berharap pada HUT ini Jakarta lebih bagus dan makin indah.
 
"Harapannya semoga Jakarta lebih bersih lebih bagus dan orangnya enggak mengotori tembok dan menjaga fasilitas yang sudah ada," kata Marcella.

Pewarta: Muhammad Adimaja
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019