Jumlah tersebut sudah normal, walaupun dibanding hari biasa, jumlah penumpang biasanya hanya sekitar 500 hingga 600 orang
Banjarmasin (ANTARA) - Kegiatan Posko Angkutan Laut Lebaran 1440 Hijriah yang telah berlangsung dari H-15 hingga H+15 Lebaran atau dari 21 Mei sampai dengan 21 Juni 2019 ditutup, namun hingga kini penumpang angkutan laut masih cukup tinggi.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Trisakti Banjarmasin, Bambang Gunawan usai menutup Posko angkutan laut di Banjarmasin, Jumat, mengatakan, hingga Jumat (21/6) kapal masih mengangkut hingga 1.300 orang penumpang.

"Jumlah tersebut sudah normal, walaupun dibanding hari biasa, jumlah penumpang biasanya hanya sekitar 500 hingga 600 orang," katanya.

Mungkin, tambah Bambang, masih tingginya jumlah penumpang angkutan laut tersebut, karena saat ini masih terbawa suasana Lebaran, sehingga banyak masyarakat yang masih ingin merayakannya.

Selain itu, menurut dia, tidak menutup kemungkinan kenaikan harga tiket pesawat yang cukup signifikan, juga bakal mempengaruhi jumlah penumpang kapal laut, hingga beberapa waktu ke depan.

"Saat ini Bapak Menteri Perhubungan sedang mencarikan solusi terbaik, terkait persoalan angkutan, baik udara, laut dan darat. Apapun solusinya pasti akan diberikan yang terbaik," katanya.
(Antaranews Kalsel/Latif Thohir)


Terkait jumlah penumpang arus balik, yang meningkat antara 800 hingga 1.000 orang dibandingkan arus mudik, menurut Bambang, hal itu karena sebagian keluarga yang mudik ke berbagai daerah di Jawa, membawa serta keluarga atau kerabatnya untuk ikut ke Kalimantan Selatan.

"Mungkin sebagian pemudik, membawa serta keluarga maupun kerabatnya, saat kembali ke Kalsel, sehingga jumlah arus balik lebih banyak dibanding arus mudik," katanya.

Dari hasil pantauan posko Lebaran laut total arus balik pasca Lebaran hingga H+15 atau hingga 21 Juni 2019, tercatat mencapai 18 ribu penumpang, atau meningkat hampir seribu orang dibandingkan arus mudik sebanyak 17 ribu orang.

Bambang mengungkapkan, dibanding tahun sebelumnya, pelaksanaan Posko arus mudik maupun arus balik mengalami perbaikan yang cukup signifikan.

Menurut dia, pelayanan di pelabuhan yang dilakukan Pelindo III Banjarmasin juga sudah sangat bagus dan memadai.

Begitu juga dengan pengamanan yang dilakukan oleh tim gabungan, baik dari TNI-AL,TNI-AD, kepolisian dan instansi terkait lainnya.

Berdasarkan Informasi dari PT Dharma Lautan Utama (DLU) salah satu operator kapal yang beroperasi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, hingga tanggal 26 Juni, setiap harinya dua buah armada kapal DLU bergantian membawa penumpang dari Surabaya menuju Banjarmasin sebanyak 1.000 hingga 1.300 orang.

Baca juga: Angkutan laut kembali diminati pada Lebaran 2019

Baca juga: Pengamat apresiasi pembenahan moda angkutan laut Lebaran

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019