Saat itulah Ahmad M Ali memanfaatkan momen silaturahim tersebut sekaligus menyampaikan keinginan dan dorongan dari Alkhairaat dan organisasi Islam, serta MUI, bahwa Guru Tua perlu di tetapkan sebagai pahlawan nasional,
Palu (ANTARA) - Calon Wakil Presiden dari pasangan 01, KH Ma'ruf Amin di harapkan dapat merealisasikan janjinya untuk memperjuangkan Pendiri Pendidikan Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) sebagai salah satu pahlawan nasional di tanah air.

"Saya berkunjung ke Palu, saya menyampaikan kepada Kiai bahwa ada beberapa tokoh yang perlu untuk diperjuangkan sebagai pahlawan nasional, salah satunya yaitu Pendiri Alkhairaat, Guru Tua," ucap Bendahara Umum DPP NasDem Ahmad M Ali, di hubungi dari Palu, Jumat.

KH Ma'ruf Amin berkunjung ke Kota Palu pada tanggal 14 dan 15 Juni 2019. Ia tiba di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu pada tanggal 14 Jun 2019i. Dari bandara, Kiai Ma'ruf menuju kediaman Ahmad M Ali di Jalan Swadaya, Palu Timur Kota Palu.

Saat itulah Ahmad M Ali memanfaatkan momen silaturahim tersebut sekaligus menyampaikan keinginan dan dorongan dari Alkhairaat dan organisasi Islam, serta MUI, bahwa Guru Tua perlu di tetapkan sebagai pahlawan nasional.

Ahmad Ali selaku Komandan Pemenangan Pasangan Jokowi-Ma'ruf di Sulteng mengemukakan, Guru Tua pantas di beri gelar sebagai pahlawan nasional. karya dan perjuangannya sangat nyata dan memberikan sumbangsi besar terhadap pembangunan peradaban manusia di kawasan timur Indonesia dan Sulawesi Tengah.

Baca juga: MUI dorong penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional

Pada tanggal 15 Juni 2019, Kiai Ma'ruf menghadiri Haul 51 Tahun Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang berlangsung di Kompleks Alkhairaat Jalan Sis Aljufri, Palu Barat.

Kiai Ma'ruf menjadi salah satu pembicara atau yang menyampaikan sambutan dalam Haul Guru Tua, saat itu. Dia berjanji akan memperjuangkan Guru Tua sebagai pahlawa nasional.

Janji itu, di dengar dan disaksikan oleh sekitar 70.000 umat Islam, abnaulkhairaat dari berbagai penjuru yang hadir dalam Haul pendiri Alkhairaat tersebut.

Beliau pantas diberi gelar pahlawan nasional. Nanti ada panitia di pusat. Kami akan memberi masukan-masukan agar Beliau bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional," kata Kiai Ma'ruf Amin.

Baca juga: Menanti kebijakan pemerintah pusat terkait Guru Tua pahlawan nasional

Baca juga: Kemensos dorong daerah sampaikan usulan pahlawan nasional
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019