Kami menemukan bahwa bertanding melawan AI dan melawan tim lain memerlukan strategi bisnis yang berbeda-beda.
Depok (ANTARA) - Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang tergabung dalam Tim Kanigara Banu berhasil meraih juara dunia pada kompetisi internasional bertajuk Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge 2019 yang digelar pada 23-28 Juni 2019, di Edinburgh, Skotlandia.

Ketua Tim Kaniguru Banu, Sutan dalam keterangan tertulis, Sabtu, menuturkan sejak awal kompetisi, simulasi bisnis yang dilakukan berupa kompetisi antara sesame peserta lomba maupun tim artificial intelligent (AI).

Kompetisi ini merupakan simulasi kasus proyek konstruksi dan infrastruktur dengan setiap keputusan yang diambil harus memperhitungkan kerberlanjutan bisnis dan ekonomi, nilai investasi dan keberlanjutan proyek.

Hal ini sangat menarik, karena kami menemukan bahwa bertanding melawan AI dan melawan tim lain memerlukan strategi bisnis yang berbeda-beda.

Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan terus melaju dari babak penyisihan hingga menjadi 6 finalis terakhir dan akhirnya menjuarai kompetisi ini.

Tim tersebut merupakan para mahasiswa dari Program Studi Teknik Sipil FTUI yang berhasil mengalahkan 39 tim lainnya dari berbagai negara, seperti Kanada, Inggris, Amerika Serikat, China, dan Australia.
Baca juga: Menanti kapal tanpa awak UI berlaga di Amerika Serikat

Tim Kanigara Banu terdiri atas Sutan Akbar Onggar Siahaan, Aflah Alamsah Dani, Lucky Situmorang, dan Prasetya Jodhi serta di bawah bimbingan Mohammed Ali Berawi PhD. Setelah menempuh masa kompetisi selama lebih kurang dua bulan, akhirnya tim FTUI berhasil masuk sebagai finalis untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Dosen pendamping Muhammad Ali Berawi PhD menyatakan bahwa ketekunan, konsistensi, kerja keras dan semangat untuk dapat menjadi yang terbaik menjadi pemacu para mahasiswa FT UI untuk memenangi kompetisi.

"Sejak awal kompetisi sampai final, tim berhasil mengambil keputusan bisnis yang sangat baik untuk kinerja investasi, sumber daya dan operasional proyek dengan menerapkan berbagai strategi dan langkah taktis yang tepat sesuai perkembangan dinamika pembangunan proyek," ujar Ali.

Kompetisi CIOB Global Student Challenge merupakan kompetisi simulasi strategi bisnis, dengan setiap tim yang bertanding melakukan pengambilan keputusan pada pengembangan investasi untuk pembangunan proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur. Sedangkan, Chartered Institute of Building merupakan organisasi profesi manajemen konstruksi
terbesar di dunia.

Prestasi ini menunjukkan bahwa kemampuan dan kompetensi mahasiswa UI mampu diperhitungkan di tingkat dunia dan siap bersaing di level global. Diharapkan kejuaraan ini dapat terus meningkatkan kemampuan sivitas akademika UI untuk bersaing di dunia internasional sebagai bentuk perwujudan Indonesia negara unggul dan maju.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019