Pacitan. Jatim (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan air bersih ke daerah-daerah yang selama musim kemarau ini mengalami kekeringan, termasuk tujuh kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang menghadapi wabah Hepatitis A.

"Saat ini PMI sudah memobilisasi relawan untuk mendistribusikan air bersih ke beberapa wilayah yang terdampak, yang mengalami krisis air bersih, salah satunya di wilayah yang menjadi (tempat) wabah Hepatitis A," kata Staf Markas PMI Kabupaten Pacitan Sujarno melalui sambungan telepon, Sabtu.

Penyaluran bantuan air bersih antara lain dilakukan di Desa Sukorejo dan Pagerkidul, Kecamatan Sudimoro.

"Air bersih kami distribusikan menggunakan satu unit mobil tanki dengan kapasitas lima ribu liter bekerja sama dengan PDAM setempat," kata Sujarno.

Ia mengatakan penyaluran bantuan air bersih ditujukan untuk membantu pemerintah daerah mengatasi kejadian luar biasa penyakit Hepatitis A, mengingat virus penyebab penyakit itu bisa menular dengan cepat melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan risiko infeksinya berkaitan dengan kurangnya air bersih serta sanitasi dan higiene yang buruk.

Selain memberikan bantuan air bersih, kata Sujarno, selanjutnya PMI akan menyampaikan penyuluhan kesehatan kepada warga di daerah yang mengalami kekeringan dan menghadapi kejadian luar biasa Hepatitis A guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi mengatakan bahwa PMI sudah mengirimkan armada tanki air bersih ke seluruh wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan di wilayah Indonesia dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

"Hingga saat ini PMI di seluruh Indonesia sudah bergerak dan terus mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan. Mengingat air bersih merupakan kebutuhan utama yang sangat dibutuhkan saat ini," katanya.

Baca juga:
Penderita Hepatitis A di Pacitan bertambah menjadi 975 orang
Pemerintah lakukan desinfeksi untuk cegah penyebaran Hepatitis A

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019