Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberi sejumlah dukungan agar Festival Padang Melang, Kepulauan Anambas terlaksana secara maksimal.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan salah satu dukungan yang diberikan yakni membantu mempromosikan Festival Padang Melang ke berbagai pengelola travel dan pelaku pariwisata.

"Kami membantu mempromosikan kegiatan tersebut. Kami juga menutupi kekurangan selama pelaksanaan kegiatan tersebut," ujarnya.

Buralimar mengemukakan anggaran untuk pelaksanaan Festival Padang Melang disiapkan oleh Pemkab Kepulauan Anambas. Kegiatan itu sejak 2014 dilaksanakan setiap tahun.

Festival Padang Melang dilaksanakan 17-20 Juli tahun 2019. Dalam festival ini akan menampilkan musik dua zaman.

Pada hari ketiga akan menampilkan musik dari generasi tahun 1980'an ke generasi millenial.

Selain itu, kata dia kegiatan pariwisata ini juga menyediakan "booth" khusus kuliner dan "spot selfie", dan menampilkan tradisi upacara, atraksi budaya dan permainan rakyat dengan aktivitas pantai akan memeriahkan acara.

Ia juga mengingatkan agar wisatawan tidak melewatkan "Fun Color Run" di hari terakhir Festival Padang Melang. Dalam kegiatan itu, seluruh peserta marathon dengan suasana warna warni.

"Peserta berlari dari Pulau Berhala menuju garis finis di Pantai Padang Melang," katanya.

Sebagai acara pembuka, dimainkan permainan gendang panjang, atraksi silat kampong, berbalas pantun, tabur beras kuning dan pengalungan cual serta petatah petitih junjong adat dalam rangka penyambutan tamu yang kemudian dilanjutkan dengan upacara Tolak Bale mulai menuju ke podium untuk melakukan Doa Tolak Bale.

"Ada sajian berbagai kuliner tradisional khas Anambas," tuturnya.

Pada tahun 2019 ini akan mengangkat tema “Helat Budaya Melayu Pesisir” yang mengangkat pesona keelokan pantainya dan mengangkat tradisi budaya masyarakat yang ada di pesisir pantai. Penyelenggaraan tahun ini juga lebih awal dari festival tahun sebelumnya sehingga bertepatan dengan bulan purnama yang akan menerangi sepanjang pantai padang melang.

Baca juga: Festival Padang Melang promosikan Kepulauan Anambas

Baca juga: Wisata bahari Anambas siap saingi Raja Ampat

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019