Jakarta (ANTARA) - Pengguna agen wisata dalam jaringan (online) Traveloka menyediakan pemesanan tiket kereta Jepang dengan produk terbaru Japan Train menyusul kerjasama dengan West Japan Railway Company (JR-West).

"Kami berharap para pelanggan bisa menjelajahi Jepang dengan mudah setelah kerjasama ini," ujar CEO Transport Traveloka Caesar Indra usai penandatanganan nota kesepahaman dengan JR-West di Jakarta, Kamis.

Jangkauan kereta JR-West mencapai jarak total 4.900 kilometer dan mencakup 18 prefektur seperti area Kansai.

"Target kami 15 persen turis Indonesia yang butuh (tiket) JR-West beli di Traveloka," kata Indra.

Baca juga: Kenali 12 menu pilihan seru Traveloka Xperience

VP of Rail & International Connectivity Traveloka Abraham Soedjito mengatakan tiket Japan Trains dalam layanan mereka akan memudahkan pengguna untuk memilih jenis tiket terusan yang tepat sesuai tujuannya.

JR-West menyediakan beragam tiket terusan dengan jangkauan tempat yang bervariasi, misalnya Kansai Area Pass yang meliputi area seperti Osaka, Kyoto hingga Wakayama. Kemudian, Hokuriku Area Pass yang mencakup area seperti Hokuriku; Toyama, Ishikawa dan Fukui, hingga Hiroshima-Yamaguchi Area Pass.

Abraham mengatakan Traveloka akan mengembalikan biaya secara penuh jika pembeli akan mengembalikan tiket (refund). Tapi, pembeli harus mengirimkan e-receipt ke Traveloka.

Pembeli bisa mendapatkan tiket yang sudah dibayar melalui surel, diambil sendiri, atau dikirim langsung ke alamat yang dituju. Dalam waktu dekat, tiket JR-West juga bisa dipesan dan diambil langsung di stan Traveloka di bandara internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: 5 Kesalahan lazim turis di Jepang

"Sesuai regulasi pemerintah, (kami) akan memakai kurs rupiah dengan harga (sesuai) yang dari JR-West, disesuaikan dengan rate (mata uang) Jepang," kata Abraham.

General Manager, Inbound Tourism Div. Marketing Department JR-West, Kenji Uno mengatakan jumlah turis Indonesia yang memakai layanan tiket terusan kereta JR-West masih di bawah 10.000 orang dari total 400.000 wisatawan.

"Kami harap kerjasama itu bisa menarik lebih banyak wisatawan memakai layanan JR-West," ujar Kenji.

Produk Japan Trains bisa didapatkan di aplikasi Traveloka versi terbaru mulai Kamis.

Baca juga: Destinasi wisata Golden Route Jepang masih jadi favorit turis Indonesia

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019