Jakarta (ANTARA) - Relokasi warga korban kebakaran Kampung Bali Matraman, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan, di sejumlah titik yang dirasa memiliki kapasitas yang kurang lebih sama dengan posko sebelumnya di Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai akan dilakukan oleh warga, MInggu.

"Karena Senin kan sekolah (SDN 05 Manggarai) juga sudah mulai dipakai, kami akan memindah posko pengungsian di Masjid Al-Falah, nanti akan ada tenda yang dibangun di sini (lapangan masjid)," kata koordinator posko pengungsian kebakaran Tebet, Agus, Sabtu.

Baca juga: Camat Tebet targetkan pembersihan puing kebakaran selesai Minggu

Baca juga: Korban kebakaran Tebet masih harapkan bantuan seragam sekolah

Baca juga: Bantuan korban kebakaran Tebet terus mengalir


Menurut dia, lapangan Masjid Al-Falah dipilih karena memiliki ruang yang cukup luas dan dekat dengan posko bantuan logistik yang terletak di kantor RW 06.

"Lokasinya enggak terlalu jauh (dari SDN 05 Manggarai), jadi warga waktu relokasi juga tidak repot. Dan insya Allah lapangannya bisa dibangun satu atau dua tenda besar," lanjut Agus.

Sementara itu, hari ini, kegiatan kerja bakti pembersihan sisa puing-puing kebakaran di Kampung Bali Matraman, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan masih dilakukan dan berfokus pada pengangkutan bantuan-bantuan logistik korban, di antaranya pakaian, makanan instan, dan air minum.

Proses pembersihan dibantu dengan tiga truk, 80 orang personil kebersihan di hari Jumat dan Sabtu, serta 150 personil kebesihan di hari Minggu (14/7) dan diharapkan Minggu sore sudah bersih dan warga mampu direlokasi.

Selain masyarakat RW 07, kegiatan ini turut dibantu oleh Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), TNI, Polri, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan, Satpol PP, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD).

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019