Wali Kota Tangerang tegaskan pelayanan publik sudah berjalan

id Kemenkumham, pemerintah kota Tangerang

Wali Kota Tangerang tegaskan pelayanan publik sudah berjalan

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah di Jakarta, Kamis, (18/7/2019). ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan pelayanan publik yang sempat terganggu oleh karena persoalan dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kini sudah berjalan normal kembali.

"Kalau pelayanan publik untuk masyarakat sebenarnya dari awal tidak ada masalah, soal air dan listrik itu bukan kewenangan kita, itu kewenangan PDAM dan PLN, tidak masalah juga, tidak kita berhentikan," kata Wali Kota Arief Wismansyah menjawab pers usai mediasi dengan Kemenkumham di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis.

Pelayanan yang diberhentikan Pemerintah Kota Tangerang terhadap jajaran Kemenkumham hanya dua jenis layanan saja yakni pengambilan sampah dan penerangan jalan umum.

Baca juga: Kemenkumham-Pemkot Tangerang sepakat cabut laporan

Penerangan jalan umum, sudah langsung dinyalakan kembali ketika wali kota mendapatkan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Rabu malam.

"Kalau sampah, ternyata tidak pernah bayar retribusi (makanya dihentikan)," kata wali kota.

Pelayanan publik untuk jajaran Kemenkumham di wilayah Ktita Tangerang awalnya terhenti karena terjadi perselisihan.

Baca juga: Wali Kota Tangerang penuhi panggilan Kemendagri

Pertikaian Pemkot Tangerang dengan Kemenkumham mencuat ke publik ketika Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sempat menyindir Arief saat peresmian Politeknik BPSDM Hukum dan HAM dengan menyebut Arief mencari gara-gara.

Hal itu karena Pemkot Tangerang menuding pembangunan gedung saat itu tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) dan mewacanakan lahan Kemenkumham sebagai lahan pertanian di Pemkot Tangerang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan pihak Kementerian Hukum dan HAM maupun Pemerintah Kota Tangerang sama-sama berkomitmen akan mencabut berkas laporan pascamediasi di Kementerian Dalam Negeri, Kamis sore.

Baca juga: Mendagri sayangkan sikap Wali Kota Tangerang hentikan layanan publik

"Jadi yang dipermasalahkan kemarin terkait dengan bangunan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Imigrasi dan pemanfaatan lahan semuanya sudah klir. Tadi telah ada kesepakatan berdua tentunya menarik seluruh pengaduan," kata Hadi Prabowo.


Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar