Gubernur: Program benih 500 juta batang di Kalteng sudah tepat

id gubernur kalteng

Gubernur: Program  benih  500 juta batang  di Kalteng sudah tepat

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat peluncuran program BUN 500 di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis, (18/7/2019). (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menilai keputusan Kementerian Pertanian RI sudah tepat, terkait pemilihan Kota Palangka Raya sebagai lokasi peluncuran program Benih Bermutu Perkebunan 500 juta batang (BUN 500) 2019-2024.

"Pemilihan Kalteng sangatlah tepat sebagai lokasi peluncuran program nasional ini. Sebab Kalteng memiliki potensi yang luar biasa, untuk pengembangan sektor perkebunan dan produk hortikultura lainnya," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Sugianto menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah sesuai potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Yakni ada yang fokus terhadap bidang perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan dan sektor lainnya.

Program BUN 500 dinilai positif sebagai pendorong pemerintah daerah dan masyarakat, untuk kembali menggalakkan budaya pertanian, perikanan dan peternakan. Mengingat seiring berjalannya waktu, kebutuhan pangan sangatlah tinggi dan terus meningkat.
Baca juga: Menteri Pertanian luncurkan BUN 500 di Kalteng
"Penyediaan pangan merupakan salah satu peluang yang harus kita tangkap. Sebab berpotensi besar untuk mendorong percepatan perekonomian di daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Kalteng masih memiliki wilayah yang cukup luas dan potensial untuk dikembangkan kedepannya, terlebih jika dikaitkan dengan rencana pemindahan ibu kota negara yang baru oleh pemerintah pusat.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait hal itu, namun seiring berjalannya waktu, dua daerah yang menjadi kandidat terkuat sebagai ibu kota negara selanjutnya, yaitu Kalteng dan Kaltim.

"Kami pun siap jika memang ibu kota pindah ke Kalteng, sebab banyak dampak positif yang didapat. Salah satu yang utama, yakni pembangunan infrastruktur yang dipastikan akan jauh lebih meningkat dibandingkan saat ini," tuturnya.

Ia mengungkapkan, selalu siap dan menyambut positif setiap program maupun kegiatan pemerintah pusat yang diselenggarakan di Kalteng. Karena berbagai kegiatan skala besar tersebut, tentunya akan memberikan banyak manfaat nyata bagi daerah.
Baca juga: Kementan siapkan Kalteng sebagai lumbung perkebunan dan hortikultura
Baca juga: Kebun sengon di Kabupaten Pulang Pisau dikunjungi Menteri LHK

 

Pewarta : Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar