Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan jual-beli dalam jaringan (online) Tokopedia mengklaim layanan Tukar Tambah terjamin aman menyusul fitur cek fungsi dan cek fisik dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan big data.

"Secara umum ada dua mekanisme, cek fungsi untuk memastikan semua mekanisme seperti layar sentuh, wifi, memori, kemudian foto. Mungkin fungsi baik tapi lecet atau tidak," kata Category Development Lead Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra selepas peluncuran layanan Tukar Tambah Tokopedia di Jakarta, Kamis.

Leo mengatakan proses yang dibutuhkan untuk melakukan tukar tambah di Tokopedia membutuhkan waktu dua hingga tiga menit.

"Tukar tambah sangat inovatif. Tokopedia menjadi e-commerce pertama yang memiliki fitur itu (dengan) mudah, cepat dan terstandardisasi. Harga (penawaran) juga bersaing. Jadi, (pengguna) tidak perlu cek toko sebelah," ujar Leo.

Langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah memilih fitur Tukar Tambah di situs maupun aplikasi. Kemudian, pengguna harus memilih jenis ponsel yang akan ditukar serta rentang harga ponsel yang ditawarkan.

Pengguna akan diminta melakukan tes fungsi singkat, seperti tes untuk memastikan tidak ada dead pixel dengan memencet kotak warna kuning pada layar.

Setelah tes fungsi selesai, Tokopedia akan mengirim tautan kepada pengguna untuk mengunggah foto ponsel yang akan ditukar tambah. Pada tahap itu, pengguna membutuhkan ponsel kedua untuk memotret.

Pengguna akan diminta mengambil foto ponsel dari depan dan belakang untuk memastikan kondisi fisik ponsel. Begitu foto diunggah, akan ada pemberitahuan pada situs atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses tukar tambah.

Sistem akan menganalisa dan menaksir harga ponsel tersebut dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan big data.

Selanjutnya, pengguna diminta untuk mengunggah foto KTP. Kemudian, kurir Tokopedia akan menghubungi untuk mengambil ponsel lama dan menyerahkan ponsel baru.

Baca juga: Tokopedia terapkan "Artificial Intelligence" guna hadapi persaingan

Kurir akan mengingatkan pembeli untuk sign out dari semua aplikasi yang digunakan. Selanjutnya, kurir akan mencocokkan nomor identitas asli ponsel (IMEI) pada gawai dengan IMEI yang telah didaftarkan sebelumnya.

"Kurir tidak akan melakukan pengecekan fisik dan lainnya, hanya memastikan nomor IMEI. Setelah itu, ponsel lama akan diambil dan diganti dengan ponsel baru," ujar Leo.

Dalam menghadirkan fitur Tukar Tambah, Tokopedia menggandeng penyedia layanan tukar tambah Laku6 yang telah beroperasi sejak 2015.

"Kami menggunakan teknologi yang canggih menggunakan kombinasi software. Ponsel bekas tidak kami ekspor, tapi akan kembali dijual kepada mereka yang mencari ponsel bekas," ujar pendiri Laku6 Alvin Yap.

Namun, hanya beberapa penjual terpercaya di Tokopedia dengan tanda warna biru bertuliskan "Tukar Tambah" yang dapat melakukan layanan itu, salah satunya adalah Erajaya.

VP Digital Marketing Erajaya Swasembada Eric Lee mengatakan layanan tukar tambah banyak diminati para pembeli ponsel Erajaya.

Tukar tambah online, menurut Eric, memiliki potensi yang sangat besar karena kemudahan yang ditawarkan kepada pemilik perangkat dan mampu memotong proses yang panjang di toko, selain harga yang juga dinilai transparan.

"Kombinasi bisnis tukar tambah dan teknologi punya potensinya luar biasa karena saat ini masih didominasi pemain tradisional meskipun ke depannya akan menjadi digital," ujar Eric.

Baca juga: Tren tukar tambah ponsel secara online diklaim meningkat

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019