Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, tengah melakukan kunjungan kehormatan kepada koleganya, Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Vice Admiral Michael Joseph Noonan, di Canberra, Australia, Jumat (19/07).

Pemimpin puncak angkatan laut kedua negara ini membicarakan perkembangan hubungan bilateral dan situasi regional, terkhusus mengenai pentingnya menjaga keamanan maritim.

Pada pertemuan ini, TNI AL dan Angkatan Laut Australia bersepakat saling meningkatkan kerja sama di bidang latihan serta pelatihan.

Siaran pers Dinas Penerangan TNI AL yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan, kedua laksamana ini menyadari bentuk kerja sama melalui interaksi antar personel sangatlah penting guna meningkatkan saling pengertian dan pemahaman di antara kedua angkatan laut itu. Bidang yang juga menjadi fokus pembicaraan adalah peningkatan kerja sama di bidang kerja sama pendidikan, saling kunjung personel, seminar. maupun konferensi.

Baca juga: TNI AL bantu cari korban tenggelam di Kupang

Baca juga: Wilayah kerja Pangkalan Utama TNI AL I/Medan sangat strategis

Baca juga: 600 siswa BJRB TNI AL belajar sejarah tambang timah


Selama ini hubungan TNI AL dengan Angkatan Laut Australia sudah terjalin sangat baik, dimana hal tersebut diimplementasikan melalui berbagai kerja sama bilateral di antara mereke, di antaranya latihan bersama Cassoex Exercise New Horizon dan Ausindo Corpat.

Kedua negara juga aktif berpartisipasi dalam latihan yang melibatkan berbagai negara seperti Latma Multilateral Kakadu dan Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo yang diprakarsai TNI AL. Selain itu, TNI AL juga telah beberapa kali menyelenggarakan simposium internasional angkatan laut se-Pasifik, dan Angkatan Laut Australia juga menjadi salah satu partisipan.

Selain melaksanakan pertemuan dengan pimpinan Angkatan Laut Australia, Adji juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Vice Admiral David Lance Johnston, serta Menteri Pertahanan Australia, Gregory L Moriarty. Dalam aktivitas resminya di Australia itu, Adji juga bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Australia, Y Kristiarto Legowo.

Kunjungan kerja ini beserta sejumlah perwira tinggi TNI AL ke Australia merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya pada November tahun lalu Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Vice Admiral Michael Joseph Noonan, berkunjung serta bertemu dengan Adji di Markas Besar TNI AL, Jakarta.

Kemudian pada Mei lalu keduanya kembali melaksankan pertemuan di atas kapal HMAS Canberra yang sandar di Jakarta, dalam status menjalankan misi IPE-2019 (Indo Pacific Endeavour-2019).

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019