Kami sedang mengembangkan wisata mangrove
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, berharap dapat menjalin kerja sama pariwisata dengan Kota Batam Kepulauan Riau, sebagai daerah tujuan wisata mancanegara ketiga terbesar di Indonesia.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial di Batam, Senin, menyatakan harapannya agar wisatawan dalam dan luar negeri yang datang ke Batam dapat melanjutkan kunjungannya ke Tanjung Jabung Barat.

"Kami sedang mengembangkan wisata mangrove. Dalam dua tahun ini kami mendapat dana dari pusat. Bahkan kami sempat diundang ke Eropa," kata Safrial.

Tanjung Jabung Barat melestarikan bakau sebagai upaya menjaga lingkungan hidup, karena tumbuhan itu menyimpan CO2. Selain itu, kawasan bakau juga diharapkan menjadi daerah tujuan wisata alam.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mendukung rencana pengembangan wisata bakau di Tanjung Jabung Barat.

Menurut dia, banyak pelancong mancanegara yang tertarik dengan wisata alam. Bahkan bersedia mengeluarkan kocek dalam untuk bisa "kembali ke alam"

Kota Batam, kata dia, setiap tahunnya dikunjungi sembilan juta pelancong dari dalam dan luar negeri, yang sekitar dua juta di antaranya adalah wisatawan mancanegara (wisman).

"Paling tidak 10 persen wisman bisa dibawa ke Jambi. Pesawatnya sudah ada," katanya.

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019