Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Tasya Kamila mengaku selalu menjaga komunikasi dengan baik dengan suami, Randi Bachtiar, yang bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia sebagai kunci keharmonisan rumah tangga mereka karena menjalani hubungan jarak jauh.

"(Saya) video call (panggilan video) setiap hari. (Suami) tanya lagi apa, baby lagi apa. Karena dia kerja, jadi paling telepon saat sore sampai dia tidur," kata Tasya di Jakarta, Senin.

Tasya tinggal di Jakarta bersama puteranya yang masih berusia dua bulan, Arrasya Wardana Bachtiar, sehingga selalu menyempatkan diri untuk menghubungi suaminya dengan perangkat seluler

Walaupun harus selalu berkomunikasi dengan ponsel, pelantun lagu anak-anak "Libur Telah Tiba" itu mengatakan sang suami selalu pulang ke Jakarta setiap akhir pekan. "Jadi, suami aku tetap tahu perkembangan anak kami meski enggak day to day. Setidaknya, seminggu sekali dia tahu," katanya.

Perempuan berusia 26 tahun itu mengaku justru saat menjalani hubungan rumah tangga jarak jauh itu mengurangi rasa panik sebagai ibu muda.

Baca juga: Lulusan S2 jadi ibu rumah tangga, Tasya Kamila dinyinyiri warganet

"Sebenarnya, karena dia (suami) ada di sana, jadi dia lebih nenangin. Misalnya, kalau aku panik kok Arrasya begini begini, dia lebih nenangin," katanya.

Meski demikian, Tasya mengaku ketidakhadiran sang suami menjadi sebuah tantangan pada fase awal sebagai ibu rumah tangga.

"Challenge-nya pas 40 hari awal. Apalagi, suami kerja di luar negeri. Itu challenging banget. Aku harus beradaptasi dengan newborn dan aku harus pemulihan setelah operasi sesar. Empat puluh hari pertama itu sangat melelahkan. Tapi, semakin ke sini semakin asyik. Aku semakin tahu ritme anak aku dan tahu cara handle-nya," katanya.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu lantas mengaku lebih ikhlas menjalani hubungan jarak jauh dengan sang suami. Dia bahkan menjadikan hubungan jarak jauh itu sebagai "bumbu" dalam menikmati sebuah keluarga baru.

"Jadi, ada hari-hari yang dinanti. Jadi, selalu pengin cepat weekend dan jadi lebih semangat menjalani hari," katanya.

Pelantun lagu "Aku Anak Gembala" itu mengaku lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama suami di rumah pada akhir pekan dibanding harus bepergian.

Baca juga: Tasya Kamila bercita-cita jadi menteri di 2029

"Q-time (menikmati waktu) aja sama suami dan anak di rumah. Paling jauh kalau di Jakarta, ya ke mal. Kalau luar kota paling ke Bandung," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Tasya sempat menuliskan tips menjalani pernikahan jarak jauh lewat akun Instagram miliknya. Salah satu tips itu adalah membangun kepercayaan, membina komunikasi, dan harus pandai-pandai mencari kesibukan positif.

"Sehingga energimu tersalurkan untuk hal-hal yang produktif dan tidak dihabiskan untuk melulu memikirkan pasanganmu yang lagi jauh di sana," tulisnya.

Penyanyi yang telah menghasilkan lima album lagu itu juga menyarankan agar pasangan yang menjalani hubungan rumah tangga jarak jauh untuk menghindari pertengkaran yang berlarut-larut serta tidak berpikir berlebihan soal pasangan ataupun tidak terlalu posesif.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar mengawali hubungan asmara sejak 2012. Keduanya menikah pada 2018.

Baca juga: Lulusan S2 jadi ibu rumah tangga, Tasya Kamila dinyinyiri warganet

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019