Pelaku usaha Geopark Ciletuh Sukabumi dapat pelatihan keuangan

id Vokasi UI,Geopark Ciletuh,pariwisata sukabumi

Pelaku usaha Geopark Ciletuh Sukabumi dapat pelatihan keuangan

Tim Pengmas Vokasi UI bersama para pengusahan pariwisata di Geopark Ciletuh Sukabumi . (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Sejumlah dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) memberikan pelatihan keuangan dan bisnis bagi 60 orang pelaku UKM di bidang Pariwisata di daerah wisata Geopark Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat.

"Para pelaku UKM tersebut di antaranya homestay, amenitas, perajin dan pemandu wisata dari 5 desa di kecamatan Ciemas Sukabumi," kata Ketua Tim Pengmas Vokasi UI Dede Suryanto di kampus UI Depok, Rabu.

Ia berharap melalui upaya Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh dosen vokasi UI dapat turut mengembangkan potensi kepariwisataan berbasis masyarakat serta meningkatkan jumlah wisatawan di Geoprark Ciletuh Sukabumi.

"Program pengmas ini menyasar para pelaku ekonomi sektor pariwisata mengingat terus meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan lokal dan asing sejak penetapan kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi ditetapkan sebagai salah satu kawasan geopark bertaraf internasional oleh UNESCO tahun 2018," jelasnya.

Tak hanya materi keuangan, pelatihan juga mengajarkan pemilik homestay dan pemandu wisata cara menangani wisatawan difabel dan lansia.

Sehingga, kegiatan pengmas ini tidak hanya menerjunkan para ahli pariwisata dan keuangan, melainkan juga para trainer dan fisioterapis.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat Kawasan Wisata Ciletuh yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan.

"Harapannya melalui program pengmas ini dapat mendorong perekonomian masyarakat agar lebih meningkat," katanya.

Baca juga: Pemprov Jabar percepat pembangunan amphitheater Geopark Ciletuh

Baca juga: Hingga Juni 2,5 juta wisatawan kunjungi Kabupaten Sukabumi


 

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar