Mural-mural harus ada di Kota Palembang yang nantinya bisa mencontoh mural di Houston, tujuannya sebagai daya tarik pengembangan wisata
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berminat dengan seni mural di Kota Houston Amerika Serikat (AS) dan sedang dijajaki untuk dikembangkan sekaligus  menjadikannya contoh yang dapat diterapkan dalam kerja sama kota kembar atau "sister city".

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi kepada ANTARA, Sabtu, di Palembang mengatakan bahwa seni mural di Kota Houston memiliki daya tarik sebagai "spot" foto bagi turis-turis sehingga dipandang cocok dikembangkan.

"Mural-mural harus ada di Kota Palembang yang nantinya bisa mencontoh mural di Houston, tujuannya sebagai daya tarik pengembangan wisata," katanya.

Menurutnya seni mural tersebut merupakan satu dari beberapa rencana kerja sama kota kembar yang akan dirumuskan usai penjajakan awal pada 18 Juli 2019.

Ia menjelaskan terdapat enam bidang potensi kerja sama yang telah dibicarakan dengan Pemerintah Kota Houston yakni pendidikan, kesehatan, air, pariwisata, busana dan UMKM.

Di bidang pendidikan dan perpustakaan, katanya, Pemkot Palembang berinisiatif membangun perpustakaan digital berbasis ruang publik seperti di Kota Houston, tujuannya meningkatkan literasi masyarakat dengan kemudahan akses informasi.

Untuk bidang kesehatan, Pemkot Palembang tertarik mengembangkan penanganan penyakit jantung dan kanker yang menjadi unggulan Kota Houston, sekaligus meningkatkan kompetensi para tenaga kesehatan serta dokter.

"Di bidang UMKM, Houston banyak memiliki bisnis kuliner yang dapat dikerjasamakan dengan Palembang, terutama prosmosi pempek sebagai kuliner khas Palembang," katanya.

Sedangkan bidang busana, kata dia, rencananya kain khas songket dan jumputan akan tampil beberapa kali lagi di Kota Houston setelah melihat antusiasme warga setempat cukup tinggi saat pergelaran "Indonesian Fashion Show" 2019 pekan lalu di Houston.

"Banyak warga Houston membeli kain songket dan jumputan saat mereka melihat langsung kainnya," tambahnya.

Di bidang air, Houston memiliki sistem distribusi air baku terbaik di Amerika, sehingga dapat menjadi contoh model peningkatan kualitas PDAM Tirta Musi Palembang dalam melayani kebutuhan air baku warga,

"Di Kota Houston juga pengolahan sungainya bagus, air sungainya bersih dan dijadikan sarana transportasi sungai, tentu bisa jadi refrensi pengembangan Sungai Musi di Palembang," kata Harrey Hadi.

Sebelumnya Konsul Jendral RI di Houston Nana Yuliana memilih dan telah mengundang Kota Palembang untuk menjajaki kerja sama kota kembar dengan Houston.

Delegasii Pemkot Palembang sendiri telah datang langsung menemui pejabat Pemerintah Kota Houston sekaligus menghadiri "International Sister City Conference" 2019 di Houston Texas 16-22 Juli 2019.

Baca juga: Palembang tawarkan lima bidang jajaki sister city dengan Houston

Baca juga: Kota Palembang dipastikan tuan rumah MXGP 2019

Baca juga: Pemkot Palembang dorong makanan khas pempek "go internasional"

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019