Penajam (ANTARA) - Sebanyak 129 orang jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang kini berada di Mekkah, Arab Saudi, dilaporkan dalam kondisi sehat, merasa nyaman dan beraktivitas lancar setiap waktu.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara, Usep Suciadi saat ditemui di Penajam, Selasa, mengatakan menerima laporan bahwa seluruh jamaah calon haji Kabupaten daerah itu dalam kondisi sehat.

"Saya dapat informasi langsung dari Tanah Suci Mekkah melalui petugas, yang melaporkan bahwa semua jamaah sehat dan ibadah berjalan lancar sesuai jadwal," ujarnya.

"Jamaah calon haji kebanyakan mengambil ibadah haji Tamattu' dan telah melaksanakan pemotongan hewan (dam) sesuai syariat berhaji," kata Usep Suciadi.

Usep Suciadi mengatakan kendati kondisi cuaca sangat panas mencapai 45 sampai 50 derajat celsius di Arab Saudi,  dipastikan jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara dalam keadaan sebhat di Tanah Suci Mekkah.

Menurut dia, 129  jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter empat) yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah dan Madinah, pada 22 Juli 2019.

Rombongan jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara itu dijadwalkan tiba kembali di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan, pada 3 September 2019.

Para jemaah haji yang tergabung dalam kloter empat itu selanjutnya langsung dibawa ke Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan, untuk pemeriksaan barang dan pengambilan barang.

Kemudian jemaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Usep Suciadi, akan diberangkatkan menuju Penajam Paser Utara sekitar pukul 11.00 Wita, dan dijadwalkan tiba di Masjid Al Ikhlas Penajam sekitar pukul 17.00 Wita.

Sementara 21 jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara lainnya masuk dalam kloter 15, yang akan dilepas pada 4 Agustus kemudian diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Balikpapan ke Tanah Suci Mekkah pada 5 Agustus 2019.

Kepulangan jemaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang masuk kloter 15 tersebut dari Mekkah, Arab Saudi lanjut Usep Suciadi, dijadwalkan pada 15 September 2019.

Baca juga: Uang Saku Jemaah Haji Kaltim Akan Dievaluasi
Baca juga: Dua kloter disiapkan berangkatkan 147 calhaj Penajam Paser Utara


 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019