AS: Tarif otomotif tak pernah dipertimbangkan dalam pembicaraan EU

id Tarif kendaraan,Pembicaraan dagang,Uni Eropa

AS: Tarif otomotif tak pernah dipertimbangkan dalam pembicaraan EU

Komisioner Perdagangan Eropa Cecilia Malmstroem mengadakan konferensi pers menyusul pengumuman Amerika Serikat membebankan tarif untuk baja dan aluminium dari Uni Eropa, di Brussels, Belgia, Jumat (1/6/2018). (REUTERS/Yves Herman)

Washington (ANTARA) - Presiden Donald Trump pada Jumat menyerang Uni Eropa lantaran memanfaatkan hambatan perdagangan.

Trump juga kembali mengancam akan memberlakukan tarif AS terhadap kendaraan Eropa apabila ia tak melihat kemajuan dalam perundingan antar mitra lama.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump sesaat setelah meneken kesepakatan untuk menjual lebih banyak daging sapi AS ke Eropa, sebuah acara yang mengejutkan para peserta melalui candaan bahwa pemerintahannya sedang mengupayakan "tarif 25 persen terhadap semua Mercedes-Benz dan BMW yang masuk ke negara kita." Ia kemudian menyebut bahwa pernyataan itu hanyalah lelucon.

"Uni Eropa memiliki hambatan yang luar biasa bagi kami," kata Trump kepada awak media di Gedung Putih. "Itu sangat, sangat sulit."

Trump berpendapat ancaman tarif kendaraan telah membantu agar Eropa menerima kesepakatan daging sapi, namun tarif kendaraan masih menjadi pilihan.

"Tarif kendaraan tak pernah dipertimbangkan," kata Trump. "Jika saya tak mendapat apa yang saya inginkan, saya akan memberlakukan tarif kendaraan. ... Jika saya tak mendapat apa yang saya mau, Saya tak punya pilihan tetapi mungkin akan melakukan itu. Tetapi sejauh ini mereka sudah sangat bagus."

Sumber: Reuters
Baca juga: Uni Eropa berniat balas AS jika terapkan tarif otomotif
Baca juga: Uni Eropa siap perundingan dagang dengan Amerika tanpa isu pertanian
Baca juga: China akan tangguhkan tarif tambahan pada kendaraan dan suku cadang AS
Baca juga: AS siapkan sanksi perdagangan untuk balas Uni Eropa

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar