Jakarta (ANTARA) - Kualitas udara di daerah bebas kendaraan bermotor atau car free day pada Minggu pukul 10.00 WIB sempat membaik dengan US Air Quality Indeks atau indeks kualitas udara di angka 105, demikian situs AirVisual.com.

Status udara di indeks AQI 105 berada di status tidak sehat untuk kelompok sensitif namun hampir mendekati kualitas udara baik secara rata- rata, yaitu di angka AQI 100.

Area car free day (CFD) yang tersedia di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin ini mengurangi banyak sumber polutan di daerah Jakarta Pusat. Kendaraan bermotor yang beroperasi hanya Transjakarta.

Namun hal ini tidak bertahan lama, pada pukul 10.30 WIB memasuki waktu akhir CFD berakhir indeks kualitas udara di area MH Thamrin dan Sudirman meningkat kembali di angka AQI 144.

Hal ini membuktikan bahwa dengan berkurangnya kendaraan bermotor di wilayah Jakarta dapat memberikan kontribusi bagi kualitas udara di Jakarta menjadi lebih baik.

Sebelumnya, pada Minggu pagi Jakarta menduduki posisi kedua sebagai negara dengan indeks kualitas udara terburuk di dunia dengan indeks kualitas udara di angka 152 atau tidak sehat.
Baca juga: Pengunjung nikmati suasana CFD dari Taman Spot Dukuh Atas
Baca juga: Lalu lintas Jakarta lengang di Minggu pagi
Baca juga: Menikmati CFD di Jakarta

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019