Pemkot Denpasar terima tawaran kerja sama Pemerintah Vietnam

id Pemkot Denpasar, kerjasama Pemkot Denpasar dengan Vietnam

Pemkot Denpasar terima tawaran kerja sama Pemerintah Vietnam

Pemerintah Kota Denpasar, Bali menerima permohonan kerja sama Pemerintah Republik Vietnam. (Antaranews Bali/Komang Suparta/IST/2019)

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali menerima permohonan kerja sama Pemerintah Republik Vietnam dalam bidang pariwisata, seni budaya dan ekonomi kreatif.

"Kedatangan saya ke Pemkot Denpasar untuk bertemu Bapak Wali Kota Rai Mantra guna menjalin kerja sama dengan Denpasar mengenai pariwisata, seni budaya dan bidang ekonomi kreatif. Karena saya melihat banyaknya persamaan antara Kota Denpasar dengan Vietnam, untuk itu saya ingin sekali mengadakan kerja sama," kata Duta Besar Republik Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang di Denpasar, Senin.

Pham Vinh Quang lebih lanjut mengatakan berdasarkan data warga Vietnam yang datang ke Bali setiap tahun semakin meningkat, karena itu Pemerintah Republik Vietnam ingin sekali memperkenalkan dan mempromosikan Kota Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali yang memiliki destinasi cagar budaya yang penuh dengan sejarah Bali.

"Pariwisata budaya di Denpasar sangatlah menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan Vietnam selain keindahan alam Bali," ujarnya.

Ia mengatakan selain itu penerbangan maskapai Vietjet Air Vietnam sudah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata membuka penerbangan langsung dari Kota Ho Chi Minh ke Bandara Ngurah Rai, Bali dengan tarif terjangkau. Untuk memudahkan nanti kerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar.

"Saya mengapresiasi Wali Kota Denpasar yang masih menjaga keberadaan tempat-tempat bersejarah serta cagar budaya dan bisa menjadikan sebagai salah satu destinasi wisata Kota Denpasar. Karena kalau cuma menonjolkan keindahan alam, masih banyak tempat-tempat indah di belahan dunia ini," ucapnya.

Untuk itu, kata dia, sangat tertarik dengan wisata budaya (culture tourism) di Denpasar. Selain itu ingin sekali melakukan pertukaran budaya Kota Denpasar dan mengundang Denpasar untuk menampilkan budaya-budaya kesenian saat parade festival di Vietnam," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Rai Mantra didampingi Asisten III Edy Mulia, menyambut baik kedatangan Dubes Republik Vietnam untuk Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Pemkot Denpasar khususnya di bidang pariwisata budaya. Sebab banyak tempat-tempat bersejarah di Denpasar yang bisa dikunjungi oleh tamu mancanegara yang bisa dijadikan wisata budaya.

"Saya sangat senang kalau bisa menjalin kerja sama di bidang pariwisata budaya dengan Pemerintah Vietnam dan alangkah baiknya selain pariwisata budaya, bisa terjadinya kolaborasi budaya antara Denpasar dengan Vietnam. Karena sejak zaman dahulu pertukaran budaya itu sudah ada di Bali, dan saya juga mengundang Pemerintah Republik Vietnam untuk bisa hadir pada kegiatan Denpasar Festival akhir tahun ini untuk ikut berkolaborasi menampilkan kesenian budaya di Denfest," kata Rai Mantra.
 

Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar