Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita hukum kemarin (Senin, 5/8) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, mulai ratusan pencari suaka berdemo hingga perkembangan kasus dugaan suap Dirkeu PT Angkasa Pura II.

Berikut sejumlah berita hukum kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Sekitar 400 orang pencari suaka menggelar demonstrasi di Kantor Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration/IOM) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin.

Para pencari suaka itu menuntut keadilan, dan diperlakukan sebagai manusia yang harus diselamatkan.

"Ini protes supaya diperlakukan sebagai seorang manusia. Kami menuntut keadilan," kata salah seorang Pencari suaka, Ali Rizal Nazario yang dapat menggunakan Bahasa Indonesia.

Selengkapnya di sini


Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan 40 kandidat yang lolos tes psikologi untuk menjadi komisioner KPK periode 2019 s.d. 2023.

"Dari 104 peserta yang hadir mengikuti Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan tahun 2019 s.d. 2023 yang dinyatakan lulus tes psikologi sebanyak 40 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih dalam konferensi pers di Gedung Sekretariat Negara (Setneg) Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Personel Satuan Sabhara Polrestabes Medan menggerebek sebuah permukiman yang diduga sebagai kampung narkoba di Jalan Bringin, Gang Pancasila, Pasar VII Tembung, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, tepatnya di kawasan pinggir rel kereta api.

Dari penggerebekan yang dilakukan pada Senin sore, petugas mengamankan 10 orang yang diduga sebagai pengedar dan pengguna narkoba.

Selengkapnya di sini


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan pemilik PT Purna Arena Yudha (PAY) Simon Susilo (SSU) yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2018.

"SSU ditahan selama 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja Direktur Keuangan PT Angkasa Pura (AP) II Andra Agussalam (AYA) yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada hari Kamis (1/8).

"Dalam penanganan perkara ini, Jumat (2/8) malam sampai dengan Sabtu (3/8) dini hari, KPK melakukan penggeledahan di Kantor PT AP II di ruangan Direktur Keuangan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019